Piala Afrika: Senegal Ditahan Imbang Guinea 0-0

KBRN, Jakarta: Timnas Senegal harus puas bermain imbang dengan skor 0-0 kala menghadapi Timnas Guinea dalam matchday kedua Grup B Piala Afrika 2021. Bertanding di Stade Omnisports de Bafoussam, Kamerun, Jumat (14/1/2022) malam WIB, Sadio Mane dan kolega dibuat frustrasi lantaran Guinea tampil solid.

Senegal tak menunjukkan sebagai tim yang selama ini digadang-gadangkan favorit turnamen ini karena penampilan mereka jelas dipengaruhi oleh absennya 10 pemain mereka karena Covid-19.

Kesepuluh pemain Senegal yang terpaksa absen di lapangan karena infeksi Covid-19 itu di antaranya adalah kapten Kalidou Koulibaly dan kiper utama Edouard Mendy, kemudian Idrissa Gana Gueye dan Fode Ballo Toure.

Menghadapi Senegal yang skuadnya sedang pincang, Guinea langsung mendominasi jalannya pertandingan sejak menit awal. Bahkan mereka sempat mengancam gawang Senegal lewat serangan yang dibangun Naby Keita namun masih belum membuahkan hasil.

Sementara Senegal masih tampak kesulitan untuk bisa menembus lini pertahanan Guinea. Pasalnya, serangan yang dibangun oleh Sadio Mane dan kolega hanya mampu menguasai bola pada setengah lapangan.

Di menit ke-30, Guinea mendapat peluang emasnya dari serangan balik cepat. Ilaix Moriba melakukan sprint dengan sangat cepat sebelum mengirimkan umpan matang. Namun sayangnya umpan tersebut gagal dikonversikan dengan baik oleh Morgan Goilavogui.

Tidak ada peluang yang berarti bagi kedua tim selama sisa waktu pertandingan. Guinea yang mendominasi jalannya laga juga masih kesulitan dalam masalah finishing. Sementara Senegal kesulitan untuk menciptakan peluang. Alhasil, babak pertama ditutup dengan skor kacamata alias 0-0.

Memasuki babak kedua, Senegal mulai mendapatkan tempo permainannya. Pasalnya, tim besutan Aliou Cisse itu mendapat peluang di menit ke-58.

Bouna Sarr merangsek masuk ke kotak penalti Guinea dan langsung mengirim umpan matang kepada Abdou Diallo. Namun sundulan Diallo masih bisa ditepis dengan sangat apik oleh Aly Keita.

Kemudian peluang emas Senegal kembali tercipta pada menit 70. Akan tetapi Bouna Sarr gagal mengkonversikan umpan matang yang diberikan oleh Sadio Mane. Tendangan yang dilesatkan Sarr itu masih melebar ke sisi kanan gawang Guinea.

Guinea kali ini benar-benar terus ditekan oleh para pemain Senegal. Terbukti sejauh ini sudah ada sembilan tendangan yang dilakukan Sadio Mane dan kolega. Yang mana dua diantaranya mengarah ke gawang.

Tidak ada peluang emas yang tercipta pada menit-menit akhir pertandingan. Kedua kesebelasan bermain sama kuat. Tambahan waktu tiga menit pun diberikan akan tetapi hingga wasit meniup peluit panjang tidak ada gol yang tercipta. Senegal dan Guinea harus berbagi poin karena pertandingan berakhir dengan skor imbag 0-0.

Dengan hasil ini maka Senegal menempati posisi kedua klasemen sementara dengan raihan empat poin, berbekal satu kemenangan dan satu kali imbang. Sedangkan posisi puncak diduduki Guinea dengan poin yang sama.

Mengingat dua tim teratas setiap grup, ditambah empat peringkat ketiga terbaik yang berhak maju ke babak berikutnya, maka empat poin yang mereka peroleh sudah cukup membawa mereka ke 16 besar.

Susunan Pemain:

Senegal (4-2-3-1): Seny Dieng, Ibrahima Mbaye, Cisse, Abdou Diallo, Saliou Ciss, Cheikhou Kouyate, Ndiaye, Bouna Sarr, Sadio Mane, Thiam, Boulaye Dia.

Pelatih: Aliou Cisse.

Guinea (5-3-2): Aly Keita, Ibrahima Cisse, Saidou Sow, Aly Camara, Ibrahima Conte, Issiaga Syla, Ilaix Moriba, Amadou Diawara, Naby Keita, Morgan Goilavogui, Mohamed Bayo.

Pelatih: Kaba Diawara.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar