Hajar Genoa 3-1, Milan ke Perempatfinal Coppa Italia

KBRN, Jakarta: AC Milan sukses memastikan diri lolos ke babak perempat final Coppa Italia 2021-22 usai menundukkan Genoa dengan skor 3-1 di Stadion San Siro, Jumat (14/1/2022) dini hari WIB. Sempat tertinggal, AC Milan menang di babak perpanjangan waktu.

i Rossoneri sempat tertinggal terlebih lewat gol Leo Ostigard di menit 17′, babak pertama. Di babak kedua, Milan berhasil menyamakan kedudukan setelah Olivier Giroud mencetak gol di menit ke-74′. Hingga wasit meniup pluit panjang tanda berakhirnya babak kedua, tak ada gol lain yang tercipta dari kedua kesebelasan. Skor imbang 1-1.

Pertandingan AC Milan vs Genoa harus di lanjut ke babak perpanjangan waktu, usai kedua tim bermain imbang 1-1 di waktu normal. Di babak perpanjangan waktu, Milan sukses menambah 2 gol yang masing-masign dicetak oleh Rafael Leão (102′), dan Alexis Saelemaekers (112′). Dengan hasil ini, AC Milan lolos ke perempat final Coppa Italia.

Bertindak sebagai tuan rumah, AC Milan langsung tancap gas begitu peluit kick-off dibunyikan. Bahkan di menit keenam, mereka nyaris saja menjebol gawang Genoa lewat peluang yang dibuat Rade Krunic.

AC Milan terus menebar ancaman ke gawang Genoa. Peluang pun kembali tercipta di menit ke-12. Kali ini melalui tendangan voli Junior Messias yang masih melambung.

Genoa yang terus ditekan, akhirnya memberi kejutan. Berawal dari sepak pojok Manolo Portanova, tandukan Ostigard sukses mengoyak jala gawang Mike Maignan di menit ke-17. 

Dalam situasi tertinggal 0-1, Rossoneri nampak kesulitan untuk menyamakan kedudukan. Mereka justru kesulitan mengkreasi peluang setelah tertinggal. 

Portanova malah nyaris membawa tim tamu unggul 2-0 di menit ke-42. Namun, peluang itu gagal membuahkan gol. Alhasil, babak pertama laga AC Milan vs Genoa berakhir 0-1. 

Tertinggal 1 gol, AC Milan tampil agresif di babak kedua dan sudah mendapat peluang saat laga baru dimulai kembali 3 menit. Namun, sundulan Olivier Giroud masih bisa ditepis Adrian Semper. Rossoneri pun terus menyerang, khususnya melalui sisi kanan lapangan yang dihuni Junior Messias dan Alessandro Florenzi.

Memasuki menit ke-60, Rossoneri melakukan tiga pergantian sekaligus untuk menambah daya ledak. Brahim Diaz, Rafael Leao, dan Tiemoue Bakayoko  masuk menggantikan Daniel Maldini, Ante Rebic, dan Rade Krunic.

Gol! Gempuran AC Milan akhirnya berbuah hasil di menit ke-74. Menerima umpan silang Theo Hernandez, Olivier Giroud menjebol gawang Genoa lewat sundulannya, untuk mengubah skor menjadi 1-1. Tiga menit kemudian Giroud nyaris membawa timnya berbalik unggul namun sayangnya kali ini sundulannya melenceng dari sasaran.

Menit ke-82, giliran Pierre Kalulu yang gigit jari setelah sepakannya dari kotak penalti masih melebar di sisi gawang. Hingga 2x45 menit skor masih tetap 1-1 sehingga laga 64 besar Coppa Italia ini dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Tiga menit perpanjangan waktu berjalan, Rossoneri nyaris saja mencetak gol kedua mereka. Namun, sepakan ke sudut gawang digagalkan penyelamatan spektakuler Adrian Semper.

Dua menit kemudian giliran Sandro Tonali yang membuang peluang setelah sepakannya melebar di sisi gawang.

Menit ke-102, Rafael Leao akhirnya membayar kegagalannya. Menusuk dari sayap kiri, ia melepaskan tendangan lob dari luar kotak penalti yang tak bisa dijangkau Semper. AC Milan 2, Genoa 1.

Di babak kedua perpanjangan waktu, Rossoneri memantapkan keunggulan mereka menjadi 3-1 lewat gol Alexis Saelemaekers, memanfaatkan assist Hernandez.

Skor 3-1 akhirnya bertahan hingga peluit panjang berbunyi. AC Milan mengalahkan Genoa 3-1 dan lolos ke babak perempat final Coppa Italia tanpa perlu menjalani babak adu penalti.

Susunan Pemain:

AC Milan: Maignan; Kalulu, Gabbia, Tomori (Florenzi 24'), Theo Hernandez; Tonali, Krunic (Bakayoko 62'); Messias (Saelemaekers 80'), Maldini (Diaz 62'), Rebic (Leao 62'), Giroud (Roback 118').

Genoa: Semper; Hefti, Vanheusden, Ostigard (Bani 111'), Vasquez; Portanova (Ghiglione 106'), Badelj, Melegoni; Yeboah (Pandev 87'), Caicedo (Destro 63'), Ekuban (Cassata 71').

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar