Karena Covid-19, Laga Tottenham vs Rennes Batal

KBRN, Jakarta: Pertandingan Liga Eropa antara Tottenham melawan Rennes pada Kamis (9/12/2021) dibatalkan setelah delapan pemain dan lima anggota staf dinyatakan positif Covid-19 di klub London.

Sementara itu, pertandingan mereka melawan Brighton pada Minggu (12/12/2021) di Liga Premier sedang ditinjau.

Spurs mengatakan mereka menutup pusat pelatihan tim utama mereka pada Rabu kemarin.

"Diskusi sedang berlangsung dengan UEFA. Kami akan memberikan pembaruan lebih lanjut tentang pertandingan ini pada waktunya," kata klub seperti yang dikutip di BBC Sport, Kamis (9/12/2021).

Sebelumnya, manajer Spurs Antonio Conte mengatakan pihaknya merasa takut tentang kondisi tersebut.

"Sekarang, tentu saja, kami sedikit takut karena besok kami tidak tahu apa yang terjadi," ungkapnya.

"Setiap hari, kami mendapatkan kabar banyak yang terinfeksi dan positif. Ini bukan situasi yang baik," keluhnya.

Dalam sebuah pernyataan pada Rabu malam, Rennes mengkritik langkah tersebut, dengan mengatakan mereka "memiliki hak" untuk mengajukan banding atas keputusan tersebut ke UEFA.

“Kurangnya permainan yang adil ini semakin mencolok karena Tottenham telah mengkonfirmasi melalui email bahwa pertandingan akan diadakan pada awal sore hari sebelum memperingatkan Rennes tentang niat mereka untuk tidak bermain setelah mendarat di London,” tambah pernyataan itu.

Setelah pertandingan liga antara Spurs melawan Brighton, mereka menghadapi Leicester City pada 16 Desember dan Liverpool pada 19 Desember, sebelum perempat final Piala EFL melawan West Ham pada 22 Desember.

"Untuk berbicara tentang sepak bola hari ini tidak mungkin. Situasi terakhir membuat saya sangat kesal, situasinya serius. Ada infeksi besar," kata Conte.

Pelatih asal Italia yang mengaku telah divaksinasi itu tidak mengatakan apakah kasus positif di klub tersebut disebabkan oleh varian baru Omicron Covid-19.

"Saya pikir semua orang mengambil keputusan terbaik [mereka sendiri] dan merupakan pertanyaan bagi departemen medis tentang orang-orang, apakah mereka divaksinasi atau tidak," lanjut Conte.

Musim lalu, pertandingan Newcastle United di Aston Villa di Liga Premier ditunda menyusul "peningkatan signifikan" dalam kasus Covid-19 di tempat latihan The Magpies.

Bulan lalu, wabah virus corona di Manchester City menyebabkan pertandingan Liga Premier saat melawan Everton ditunda empat jam sebelum kick-off.

Aston Villa juga mengalami wabah Covid-19 pada Januari, yang berarti tidak ada pemain tim utama yang tersedia untuk lanjut ke putaran ketiga Piala FA melawan Liverpool, sementara pertandingan Liga Premier melawan Everton dan Tottenham akan dijadwalkan ulang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar