Tugas Seluruh Pemain Indonesia Sekarang, Cetak Gol

Jelang laga perdana yang akan dilakoni Tim Nasional (Timnas) Sepakbola Indonesia melawan Kamboja di Piala AFF 2020, Pelatih Kepala Shin Tae-Yong meminta anak asuhnya tidak berharap tanggung jawab mencetak gol tidak dibebankan pada para stiker saja. Menurut mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu, semua pemain memiliki kewajiban yang sama untuk mencetak gol sebanyak mungkin. (Dok. PSSI)

KBRN, Jakarta: Jelang laga perdana yang akan dilakoni Tim Nasional (Timnas) Sepakbola Indonesia melawan Kamboja di Piala AFF 2020, Pelatih Kepala Shin Tae-Yong meminta anak asuhnya tidak berharap tanggung jawab mencetak gol tidak dibebankan pada para stiker saja.

Menurut mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu, semua pemain memiliki kewajiban yang sama untuk mencetak gol sebanyak mungkin.

“Memang masalah ini setiap tim berbeda – beda. Tetapi untuk Coach Shin sendiri, mau striker maupun pemain gelandang harus bisa mencetak banyak gol sama – sama, baru bisa tim ini menjadi lebih kuat dan lebih baik,” terang Shin dalam keterangan resmi jelang pertandingan, seperti dikutip RRI.co.id secara virtual, Rabu (8/12/2021).

Bagi Shin, meski pemain di setiap lini memiliki tugas yang berbeda, namun dalam urusan mencetak gol semua pemain memiliki tanggung jawab yang sama.

BACA JUGA: STY: Indonesia Menang Jika Main Sesuai Instruksi

“Tidak ada posisi yang harus banyak cetak gol, tetapi harus sama – sama cetak gol banyak,” sambung Shin.

Shin melanjutkan, terlepas dari penilaian yang disematkan oleh banyak pihak kepada para pemain Pasukan Merah Putih, namun dirinya meyakini anak asuhnya mampu bermain baik dan meraih kemenangan jika bermain sesuai skema yang dirancang olehnya dan tim kepelatihan.

“Jadi, jika mereka melakukan permainan seperti yang telah kami rancang, mestinya mereka akan berada di posisi di mana pun bisa mencetak gol,” ujar Shin.

Timnas Spekabola Indonesia akan menjalani laga perdananya di Grup B Piala AFF 2020 pada 9 Desember 2021 menghadapi Kamboja yang akan berlangsung di Stadion Bishan, Singapura.

Setelah Kamboja, pasukan Merah Putih akan bertemu dengan Laos pada 12 Desember 2021, kemudian bersua Vietnam pada 15 Desember 2021.

Selanjutnya meladeni Malaysia pada 19 Desember 2021.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar