Shin Tae-yong Instruksikan Pressure Ketat

Pemain tengah Timnas Indonesia Ricky Kambuaya saat merayakan gol kemenangan bersama Evan Dimas dan Egy Maulana Vikri diajang playoff Kualifikasi Piala Asia 2023 beberap waktu lalu.(Foto/Istimewa/PSSI)

KBRN, Jakarta : Pelatih Timnas Indonesia  Shin Tae-yong memastikan akan menurunkan formasi terbaiknya di laga perdana grup B AFF Suzuki Cup 2020 Kontra Kamboja, Kamis (8/12/2021). Pelatih asal Korea Selatan itu sudah memiliki catatan kelemahan tim asuhan Keisuke Honda sehingga optimis timnya bisa meraih kemenangan. 

“Saya menyaksikan pertandingan Kamboja sebelumnya di stadion dan senang kami telah mempersiapkan diri dengan cara yang benar. Saya yakin kami bisa mendapatkan hasil yang baik, kami akan tampil menekan sejak awal dan berjuang  untuk mendapatkan hasil itu,” kata Shin Tae-yong pada sesi jumpa pers dilansir RRI.co.id dari laman resmi AFF Suzuki Cup 2020, Rabu (8/12/2021).

Shin Tae-yong memastikan timnya akan tampil dengan pemain muda yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum turnamen antar negara Asia Tenggara ini berlangsung.

“Sejak saya menjadi pelatih, saya berusaha mendatangkan pemain muda dan para pemain itu telah berkembang. Kami telah berubah menjadi tim yang lebih baik dari sebelumnya. Saya tidak ragu  lagi, tetapi saya senang  melihat kemajuan tim kami dan saya yakin kami bisa melakukannya dengan baik di turnamen ini.” katanya

Indonesia tidak pernah kalah dari Kamboja dalam tiga dekade terakhir. Sejak tahun 1996, Kamboja hanya sekali menahan imbang Indonesia yaitu 1-1 dalam duel kualifikasi Piala Dunia 1998 di Phnom Penh, Kamboja. Sementara  sisa laga lainnya selalu dimenangkan Indonesia. Total dari 22 pertemuan, Indonesia menang 17 kali, 3 imbang dan 2 kali kalah. Bahkan, Indonesia pernah menamg dengan skor telak 10-0 di Sea Games 1995 Chiang Mai, Thailand dan 8-0 di Kualifikasi Piala Dunia 1998 dan Piala AFF 2004.

Di AFF Suzuki Cup 2020, Timnas Indonesia berada di grub B bersama  Kamboja, Vietnam, Malaysia, dan Laos. Laga grup B  digelar terpusat di Stadion Bishan, Singapura. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar