Materi Timnas Indonesia Lebih Unggul dari Kamboja

Pemain tengah Timnas Indonesia Ricky Kambuaya diharapkan mampu menciptakan gol dilaga perdana AFF Suzuki Cup 2020 menghadapi Kamboja. (Foto/Istimewa/PSSI)

KBRN, Jakarta: Laga perdana Timnas Indonesia menghadapi Timnas Kamboja di ajang AFF Suzuki Cup 2020 akan berlangsung, Kamis (9/12/2021).

Meski demikian perbincangan tentang peluang tim asuhan Shin Tae-yong semakin ramai dikalangan publik sepakbola tanah air.

Ezra Harm Ruud Walian dan kolega dinilai akan mampu mengalahkan tim Kolaborasi  Ryu Hirose dan Keisuke Honda.

"Di atas kertas pemain Indonesia dari lini belakang, tengah dan depan lebih unggul dari Kamboja," ungkap pengamat sepakbola Indonesia Akmal Marhali kepada RRI.co.id, di Jakarta,  Rabu (8/12/2021).

BACA JUGA: Kamboja Tidak Takut Indonesia, Siap Tampil Dominan

Menurutnya, Timnas Indonesia tidak pernah kalah dari Kamboja dalam tiga dekade terakhir. Sejak tahun 1996, Kamboja hanya sekali menahan imbang Indonesia yaitu 1-1 dalam duel kualifikasi Piala Dunia 1998 di Phnom Penh, Kamboja.

Sementara  sisa laga lainnya selalu dimenangkan Indonesia.

Total dari 22 pertemuan, Indonesia menang 17 kali, 3 imbang dan 2 kali kalah.

Bahkan, Indonesia pernah menamg dengan skor telak 10-0 di Sea Games 1995 Chiang Mai, Thailand dan 8-0 di Kualifikasi Piala Dunia 1998 dan Piala AFF 2004.

"Perlu diwaspadai Kamboja saat dipegang pelatih Keisuke Honda dan Ryu Hirose mereka  memiliki permainan yang rapih. Pengusaan bola dan kolektivitasnya juga baik. Terbukti di laga perdana Malaysia kesulitan membongkar pertahanan Kamboja," katanya

Kunci kemenangan Indonesia disarankannya adalah bermain sabar dan harus memiliki kreativitas dalam melakukan seragan kegawang Kamboja yang dijaga Keo Soksela.

Jika ketajaman lini depan kurang maksimal, alternatifnya adalah lini tengah yang mampu menciptakan gol kemenangan bagi Indonesia.

"Di lini tengah ada Witan Sulaeman, Ricky Kambuaya dan Evan Dimas, diharapkan bisa mencetak gol, jika lini depan kurang tajam," tambahnya

Lini depan timnas dikhawatirkannya tidak maksimal karena pemain yang direkrut Shin Tae-yong adalah pemain yang kurang produktif di Liga 1 musim ini.

"Pemain seperti Ezra Walian, Kushedya Hari Yudo, Dedik Setiawan,dan Hanis Saghara belum menunjukkan ketajamannya di Liga 1," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar