JAPFA FIDE Rated, Surya Sodok Megaranto

Persaingan mulai memanas hingga usai hari ketiga Turnamen JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021. Memainkan babak ke-4 dan 5 di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta Senin (6/12/2021), GM (Grand Master) Susanto yang sebelumnya di puncak klasemen, berhasil disodok Surya Wahyudi. (Dok. PB Percasi)

KBRN, Jakarta: Persaingan mulai memanas hingga usai hari ketiga Turnamen JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021.

Memainkan babak ke-4 dan 5 di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta Senin (6/12/2021), GM (Grand Master) Susanto yang sebelumnya di puncak klasemen, berhasil disodok Surya Wahyudi.   

Papan atas klasemen menyelesaikan babak kelima ditempati tiga pecatur sama-sama mengumpulkan 5 angka kemenangan yakni Surya Wahyudi (2199), Susanto Megaranto (2548) dan FM Catur Adi Sagita (2314).

Unggulan utama Megaranto sejatinya masih mengamankan full point setelah dibabak keempat siang hari memenangi duel sesama pecatur pelatnas IM Gilbert Elroy Tarigan (2149).

Memegang buah hitam, Megaranto memilih melakukan positioning di awal pertandingan.

Setelah memasuki pertengahan pertandingan terlihat ia mampu membuat repot Gilbert.

BACA JUGA: JAPFA FIDE Rated Chess, GM Susanto Teratas

Alhasil, kepemimpinan itu terus berlanjut hingga akhirnya Gilbert menyerah pada langkah ke-31.

Meski meraih kemenangan, Susanto mengatakan, perjalanannya dalam JAPFA FIDE RATED Chess Tournament 2021 tidak mudah.

“Dari babak pertama, pertandingan berlangsung seru dan tidak mudah,” kata Megaranto di Jakarta, seperti dikutip RRI.co.id, Senin (6/12/2021).

“Termasuk melawan Gilbert yang merupakan rekan di pelatnas. Tapi saya berusaha bermain tenang hingga akhirnya berbuah kemenangan, Gilbert banyak kemajuan selama Pelatnas” sambung Susanto yang di babak kelima menundukkan Dziththauly Ramadhan.

Surya Wahyudi sendiri juga mempertahankan 100% kemenangan setelah dibabak keempat mengendalikan buah putih menumbangkan Hadiyanoor, kemudian babak 5 sore hari mencatat hasil positif dengan mengalahkan Dicky Aditya. 

“Saya main safe saja hingga babak kelima setidaknya untuk mengamankan point karena berupaya keras mengejar rating FIDE guna mendongkrak elo ratingnya,” imbuh Surya Wahyudi usai tampil.

Pada babak 6 Selasa besok (7/12/2021), Surya akan menantang Susanto Megaranto.

“Jumpa Megaranto telah disiapkan berapa strategi meski diakuinya dipastikan akan sulit untuk menundukkan pecatur nomor satu Indonesia, tapi saya akan bermain maksimal,“ tambah Surya.

Sedangkan pecatur Adi Sagita juga tetap tampil konsisten mengumpulkan 5 angka kemenangan lewat permainan apik untuk mengalahkan Fajar Reza dibabak 4 dan unggul atas Muhammad Ishak Rianjar.

Turnamen Catur  JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021 diikuti 150 pecatur dari 28 Provinsi, mempertandingan catur standar (klasik) sistim swiss 9 babak memperebutkan total hadiah Rp110.500.000.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar