Asapi Verstappen, Hamilton Juarai GP Arab Saudi

KBRN, Jakarta: Pembalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton, sukses merebut kemenangan dalam balapan Formula 1 GP Arab Saudi di Sirkuit Jeddah pada Senin (6/12/2021) dini hari WIB.

Setelah dua red flag dan sejumlah insiden, Lewis Hamilton berhasil memenangi F1 GP Arab Saudi untuk kali pertama.

Sirkuit Jeddah Corniche menjadi saksi sejumlah drama pada gelaran perdana Grad Prix Arab Saudi. Setelah bertarung ketat selama sekira 2,5 jam, Lewis Hamilton (Mercedes-AMG Petronas F1) akhirnya berhasil memenangi lomba.

Dalam lomba yang diwarnai dua red flag tersebut, Hamilton mampu mengalahkan rival terberatnya dalam perburuan gelar, Max Verstappen (Red Bull Racing Honda). Inilah posisi 1-2 ke-13 di antara Hamilton-Verstappen pada F1 musim ini.   

Posisi ketiga ditempati rekan setim Hamilton, Valtteri Bottas, yang berhasil melibas Esteban Ocon (Alpine F1) pada lap terakhir (50).

Arab Saudi merupakan balapan baru dalam kalender F1. Bagi Hamilton yang sudah turun di 36 sirkuit berbeda di F1, podium utama di Jeddah Corniche menjadi kemenangan di sirkuit ke-31.

Juara dunia tujuh kali (2008, 2014, 2015, 2017, 2018, 2019, 2020) asal Inggris itu hanya belum pernah menang di Magny Cours (Prancis), New Delhi (India), Valencia (Spanyol), Yeongam (Korsel), dan Zandvoort (Belanda).

Hamilton juga harus menghadapi drama dalam upaya merebut kemenangan kedelapannya musim ini atau yang ke-103 sepanjang kariernya.

Begitu lampu sinyal start dimatikan, Lewis Hamilton langsung melesat. Rekan setimnya yang start dari grid kedua, Valtteri Bottas, berhasil menutup ruang Max Verstappen yang akan mengambil dari sisi luar saat masuk Tikungan 1.

Hamilton yang berada di depan terus berusaha memperlebar gap dengan Verstappen, rival utamanya pada perburuan gelar juara dunia. Hamilton bahkan sempat tiga kali mencatat fastest lap dan unggul hingga sekira 3,5 detik atas Verstappen di P3.

Namun begitu, pada lap 10, yellow flag muncul setelah Haas VF-21 geberan Mick Schumacher mengalami selip dan menghantam pembatas di Sektor 3. Safety Car pun masuk lintasan.

Sejumlah pembalap memanfaat situasi Safety Car untuk melakukan pergantian ban. Termasuk duet Mercedes, Hamilton dan Bottas. Akibatnya, posisi mereka turun masing-masing ke P2 dan P3 sedangkan Verstappen memimpin karena tidak melakukan pit stop.

Jika Hamilton mengganti bannya dengan hard (keras), Verstappen ternyata memilih bertahan dengan kompon medium.

Tetapi, pada lap 13, Race Director FIA Michael Masi meminta bendera merah (red flag) muncul karena dinding pembatas yang dihantam Schumacher ternyata perlu perbaikan. Seluruh mobil pun masuk pit pada lap 14.

Posisi 10 besar saat red flag muncul masing-masing ditempati Verstappen, Hamilton, Bottas, Esteban Ocon, Daniel Ricciardo, Charles Leclerc, Pierre Gasly, Sergio Perez, Carlos Sainz, dan Antonio Giovinazzi.

Bendera merah kembali muncul saat start dilakukan pada lap 15. Verstappen yang kalah start dari Hamilton langsung melibas seluruh area kerb di Tikungan 1 untuk mempertahankan posisi dan membuat rivalnya melebar.

Alhasil, Ocon berhasil merebut P2 dari tangan Hamilton. Namun, kekacauan terjadi di belakang saat Perez tertabrak dari belakang oleh Leclerc.

Pada saat bersamaan, George Russell (Williams) juga ditabrak Nikita Mazepin (Haas) dari belakang hingga red flag muncul lagi. Perez, Russell, dan Haas, tidak mampu melanjutkan balapan.

Lap 17, standing start kembali dilakukan. Verstappen yang start dari P3 akibat penalti, berhasil melewati Hamilton untuk kemudian Ocon di P1. Hamilton lantas mengambil P2 dari tangan Ocon dan langsung menempel Verstappen.

Pad lap 23, Virtual Safety Car (VSC) muncul setelah Tsunoda mengalami kecelakaan akibat bersenggolan dengan Sebastian Vettel (Aston Martin). VSC kembali muncul di lap 30 setelah Raikkonen menyenggol Vettel.

Setelah beberapa saat, VSC hilang dan lomba dilanjutkan mulai lap 33. Pada lap 38, Verstappen yang berusaha menutup ruang bagi Hamilton, bersenggolan.

Beberapa saat kemudian, Verstappen mendapatan penalti 5 detik akibat memotong Tikungan 1 untuk mendapatkan keuntungan. Lewis Hamilton akhirnya berhasil mengambil P1 dari tangan Verstappen pada lap 43, dan mempertahankannya hingga finis.

Hasil F1 GP Arab Saudi 2021

1. Lewis Hamilton (Mercedes) 2:06:15.118 (FL)

2. Max Verstappen (Red Bull Racing) +11.825

3. Valtteri Bottas (Mercedes) +27.531

4. Esteban Ocon (Alpine) +27.633

5. Daniel Ricciardo (McLaren) +40.121

6. Pierre Gasly (AlphaTauri) +41.613

7. Charles Leclerc (Ferrari) +44.475

8. Carlos Sainz (Ferrari) +46.606

9. Antonio Giovinazzi (Alfa Romeo) +58.505

10. Lando Norris (McLaren) +61.358

11. Lance Stroll (Aston Martin) +77.212

12. Nicholas Latifi (Williams) +83.249

13. Fernando Alonso (Alpine) +1 Lap

14. Yuki Tsunoda (AlphaTauri) +1 Lap

15. Kimi Raikkonen (Alfa Romeo) +1 Lap

---Gagal Finis---

Sebastian Vettel (Aston Martin)

George Russell (Williams)

Sergio Perez (Red Bull Racing)

Nikita Mazepin (Haas)

Mick Schumacher (Haas)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar