Italia Gagal Ke Piala Dunia, Mancini Hijrah ke MU

KBRN, Jakarta: Mancini berpeluang kembali ke Liga Primer Inggris jika dia gagal membawa Italia lolos ke Piala Dunia 2022. Manchester United dikabarkan membidik pelatih tim nasional Italia saat ini, Roberto Mancini, sebagai arsitek The Red Devils untuk musim mendatang.

Mancini, yang terikat kontrak dengan Italia hingga Juni 2026, memiliki tekanan berat untuk membawa tim lolos ke Piala Dunia 2022 di Qatar. Untuk merebut tiket ke putaran final Piala Dunia, Italia harus menjalani babak play-off pada Maret tahun depan. Mereka harus menghadapi Makedonia, lalu Portugal atau Turki sebelum memesan tempat di turnamen terakbar dunia itu pada November dan Desember 2022.

Menurut laporan dari laman The Telegraph (4/12/2021), mengkalim bahwa Roberto Manchini merupakan pilihan pertama untuk menjadi manajer utama menggantikan manajer interim yang baru dan direktur teknis masa depan di klub, Ralf Rangnick.

Lebih lanjut, surat kabar Italia Libero menyatakan bahwa Mancini bisa meninggalkan kursi kepelatihan Azzurri jika dia gagal membawa tim lolos ke Qatar.

Di sisi lain, Mancini mulai menangani Italia sejak Mei 2018, setelah timnas gagal lolos ke Piala Dunia 2018 di bawah asuhan Gian Piero Ventura menyusul kekalahan di play-off lawan Swedia. Di tangan Mancini, Italia berhak memenangkan Euro 2020. Ia bahkan membawa tim mencatatkan rekor dunia tidak terkalahkan sepanjang masa.

Namun, jika kali ini Italia kembali gagal lolos ke Piala Dunia, posisi Mancini akan terancam. Pemutusan hubungan dirinya akan dinegosiasikan dengan federasi, mengingat kontraknya masih berlaku hingga 2026.

Jika hal ini terjadi, Old Trafford berpotensi menjadi pelabuhan bagi Mancini untuk melanjutkan karier kepelatihannya.

Mancini pernah merasakan Liga Primer Inggris ketika ia menangani Manchester City antara 2009 dan 2013. Trofi liga musim 2011/12 dan Piala FA musim 2020/11 berhasil dipersembahkan untuk Manchester Biru.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar