Salah 'Brace', Liverpool Bantai Everton 4-1

KBRN, Jakarta: Liverpool sukses menghajar Everton dengan skor telak 4-1 dalam partai Premier League 2021/22 pekan ke-14 bertajuk Derby Merseyside di Goodison Park, Kamis (2/12/2021) dini hari WIB.

Mohamed Salah menjadi bintang kemenangan Liverpool dengan memborong dua gol, sedangkan dua gol lainnya dicetak oleh Jordan Henderson dan Diogo Jota. Everton sempat mencetak gol lewat aksi Demarai Gray.

MEski tampil sebagai tim tamu, Liverpool sudah mencoba tampil agresif sejak kick-off. Baru dua menit laga berjalan, Liverpool sudah menciptakan ancaman di gawang Everton. Dari sepak pojok Trent Alexander-Arnold, bola diarahkan ke tengah dan Joel Matip menanduknya, tapi melebar.

Semenit setelahnya giliran sepakan Mo Salah yang masih melayang di atas mistar. Salah mendapat peluang lagi di menit kedelapan lewat Salah yang menembak ke tiang dekat, tapi Jordan Pickford menepisnya.

Liverpool mampu memimpin membuka keunggulan di menit ke-10 saat serangan dari sisi kiri mampu memecah pertahanan Everton. Andrew Robertson menusuk dari sisi kiri dan memberikan umpan tarik yang disambut sepakan melengkung Jordan Henderson.

Gol itu mampu membuat Liverpool bersemangat menambah gol dan menekan pertahanan Everton. Satu peluang dari Trent pada menit ke-16 masih bisa diamankan Pickford.

Liverpool memanfaatkan kesalahan Ben Godfrey di tengah lapangan dan Henderson merebut bola darinya, untuk memberikan umpan terobosan kepada Mo Salah.

Salah yang menusuk dari sisi kanan menuntaskan dengan sepakan melengkung ke tiang jauh untuk membawa Liverpool memimpin 2-0 di menit ke-19.

Setelah itu, Liverpool menurunkan tempo permainan dan membuat Everton sedikit bisa lepas dari tekanan. Tuan rumah mampu memainkan bola lebih baik sehingga mampu merepotkan Liverpool.

Hasilnya di menit ke-38, gawang Liverpool bobol setelah umpan terobosan Richarlison menemui Demarai Gray yang berlari di antara dua bek Liverpool.

Tinggal berhadapan dengan Alisson Becker, Gray menyepak bola melewati sela kaki dan membuat skor jadi 1-2.

Gol itu membuat Everton lebih pede menekan Liverpool dan beberapa serangan mampu membahayakan gawang Alisson. Sadio Mane sempat punya peluang di menit ke-45 saat menanduk bola umpan silang Henderson, tapi bisa dihalau Godfrey di garis gawang.

Skor 2-1 untuk keunggulan Liverpool bertahan hingga turun minum.

Kembali dari kamar ganti, Liverpool benar-benar unggul telak. Salah kembali mencetak gol pada menit ke-64, kali ini lewat skema serangan balik memanfaatkan kesalahan Seamus Coleman.

Salah merebut bola backpass tanggung Gray ke Seamus Coleman dan langsung menusuk ke kotak penalti sebelum menaklukkan Pickford dari jarak dekat.

Jota melengkapi performa luar biasa Liverpool dengan gol indahnya pada menit ke-79. Sukses mengelabui Allan, Jota melepas tembakan dari sudut sempit untuk membobol gawang Pickford.

Tak ada gol tambahan yang tercipta di sisa pertandingan. Skor 4-1 untuk kemenangan Liverpool pun menjadi hasil akhir laga ini.

Tambahan tiga poin membuat Liverpool tetap di posisi ketiga klasemen Liga Inggris dengan 31 poin, selisih dua poin dari Chelsea di puncak dan satu poin dari Manchester City di posisi kedua. Everton di posisi ke-14 dengan 15 poin.

Susunan Pemain:

Everton: Jordan Pickford; Seamus Coleman, Ben Godfrey, Michael Keane, Lucas Digne; Andros Townsend (Fabian Delph 73'), Abdoulaye Doucoure, Allan, Demarai Gray (Cenk Tosun 85'); Richarlison, Salomon Rondon (Anthony Gordon 59').

Liverpool: Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Jordan Henderson (Alex Oxlade-Chamberlain 83'), Fabinho, Thiago Alcantara (James Milner 75'); Mohamed Salah, Diogo Jota (Takumi Minamino 88'), Sadio Mane.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar