Prediksi 'Derby Merseyside': Everton vs Liverpool

KBRN, Jakarta: Everton akan menjamu Liverpool pada pekan ke-14 Liga Inggris atau Premier League 2021/22, Kamis 2 Desember 2021. Pertandingan bertajuk Derby Merseyside di Goodison Park ini dijadwalkan kick-off 03:15 WIB.

Pertandingan itu sangat menarik karena pelatih Everton, Rafael Benitez, harus menghadapi Liverpool yang merupakan mantan timnya. Rafael Benitez, yang notabene merupakan pelatih Liverpool periode 2004-2010, menangani Everton mulai awal musim ini. Lima laga pertama dilalui dengan gemilang, menang empat kali dan sekali imbang di semua ajang. Namun, setelah itu, Everton racikan Benitez cuma menang satu kali dalam sepuluh pertandingan.

Sekarang, Everton harus melawan sang rival sekota yang selalu menang tanpa kebobolan dalam tiga laga terakhir mereka. Wajar jika Everton, yang selalu gagal mencetak gol dalam tiga laga terakhirnya, kurang diunggulkan meski main kandang.

Liverpool menatap derby ini bermodal tiga kemenangan beruntun atas Arsenal (4-0), Porto (2-0), dan Southampton (4-0).

Ketika Liverpool melumat Southampton, Diogo Jota memborong dua gol, sedangkan Thiago dan Virgil van Dijk masing-masing menyumbang satu gol. Mohamed Salah merancang satu assist meski tidak mencetak gol.

Dengan begitu, berarti Salah mencetak sembilan gol dan enam assist dalam sepuluh penampilan terakhirnya untuk Liverpool di semua kompetisi. Pemain yang baru saja gagal menyabet Ballon d'Or itu benar-benar harus diwaspadai oleh Everton di derby nanti.

Performa impresif itu membuat Liverpool kini bertengger di posisi 3 klasemen Liga Inggris 2021 dengan koleksi 28 poin. Untuk bisa terus menguntit 2 tim di atasnya, Man City dan Chelsea, pasukan Jurgen Klopp wajib menang di laga kontra Everton. 

Berbanding terbalik dengan kondisi sang rival, Everton sedang mengalami turbulensi performa. The Toffees baru meraih 1 kemenangan dalam 10 laga terakhirnya di semua kompetisi. Dalam 9 laga sisanya, skuad asuhan Rafa Benitez cuma mampu meraih 2 hasil imbang dan kalah 7 kali.

Dilihat dari berbagai sisi, Liverpool jelas jauh lebih baik ketimbang Everton. Skuad The Reds kian matang musim ini. Adapun Everton belum berhasil memperbaiki performa skuadnya. 

Perbandingan kualitas kedua tim juga bisa diukur dari gol yang bisa mereka hasilkan selama musim ini. Hingga menjelang matchday 14 EPL 2021, The Reds telah menorehkan 39 gol, sedangkan The Toffees baru membukukan 16 gol. Lebih separuh dari total gol Liverpool itu lahir dari skema terbuka yang diterapkan pelatih Jurgen Klopp. 

Karena itu, di laga Derbi Merseyside nanti, Klopp diprediksi bakal menerapkan strategi penguasaan bola dominan. Sisi lapangan yang berpotensi banyak menimbulkan masalah untuk barisan bertahan lawan adalah sayap kanan, tepat di posisi Mohamed Salah.

Meski unggul jauh dari segi kualitas pemain maupun statistik performa, bukan berarti The Reds boleh meremehkan Everton. Justru di laga Derbi Merseyside nanti, adu gengsi bakal lebih berpengaruh pada performa tim. 

Big match nanti juga bakal menjadi laga yang istimewa bagi Rafa Benitez. Ia akan menghadapi mantan klub asuhannya, Liverpool. Sejak 2004 hingga 2010, Benitez menukangi The Reds dan berhasil memenangkan banyak trofi, termasuk Liga Champions 2004/2005. 

Reuni ini bakal jadi ajang pembuktian bagi Benitez yang saat ini melatih Everton, rival sekota Liverpool. Pasalnya, selama melakoni 8 laga menghadapi The Reds, ia baru bisa meraih 2 kemenangan. Sementara sisanya berakhir dengan hasil imbang 3 kali, dan tumbang 3 kali.

Liverpool juga punya tren bagus saat bersua rival sekota, Everton, akhir-akhir ini. Dari 5 pertemuan terakhir, The Reds tercatat meraih 2 kemenangan, 1 hasil imbang, dan baru kalah 1 kali. 

Namun, di pertemuan terakhir kedua tim yang terjadi Februari lalu, Everton berhasil keluar sebagai pemenang. Kala itu, di ajang EPL, The Toffees sukses menaklukkan The Reds dengan 2 gol tanpa balas.

Melihat catatan dan kekuatan kedua tim, Liverpool di atas kertas lebih diunggulkan dalam laga kali ini. Anak asuh Jurgen Klopp diprediksi akan mampu memenangkan pertandingan dengan margin lebih dari dua gol dan terus bersaing dengan Chelsea di papan atas klasemen Liga Inggris 2021-22.

Prediksi: 3-1 atau 2-0 untuk Liverpool

Perkiraan Susunan Pemain:

Everton (4-4-1-1): Pickford; Digne, Keane, Godfrey, Coleman; Gray, Doucoure, Allan, Townsend; Iwobi; Richarlison.

Pelatih: Rafael Benitez.

Info skuad: Holgate (skorsing), Mina (cedera), Gomes (cedera), Calvert-Lewin (cedera), Davies (cedera), Gray (meragukan).

Liverpool (4-3-3): Alisson; Robertson, van Dijk, Matip, Alexander-Arnold; Thiago, Fabinho, Henderson; Mane, Jota, Salah.

Pelatih: Jurgen Klopp.

Info skuad: Firmino (cedera), Keita (cedera), Elliott (cedera), Jones (cedera), Gomez (cedera).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar