Youbel Optimis Bawa Satria Muda Juara

Pelatih Satria Muda Pertamina Jakarta, Youbel Sondakh .(Foto/Istimewa/Satria Muda)

KBRN, Jakarta: Pelatih Satria Muda Pertamina Jakarta, Youbel Sondakh sudah berani memasang target juara dimusim Indonesia Basketball League (IBL) 2022.

Mantan pebasket Satria Muda itu tidak akan pernah menurunkan standar timnya. Juara selalu menjadi target utama tim biru di setiap musim.

“Di Satria Muda kami selalu ingin jadi juara Indonesia dan Indonesia juara hal ini tidak bisa ditawar. Meski waktu persiapan terbilang singkat, hal tersebut tidak akan merevisi target yang kami miliki dari musim ke musim,” kata Youbel seperti yang dikutip RRI.co.id dari laman resmi IBL, Selasa (30/11/2021).

IBL 2022 akan menjadi momen kembalinya Youbel bersama Satria Muda Pertamina Jakarta. Setelah dua musim mengabdi di tim nasional, Youbel back to basic.

Saat ini, Satria Muda Pertamina Jakarta tengah ditinggal beberapa penggawa yang membela tim nasional. Namun, hal itu bukan halangan bagi Youbel.

“Ada positifnya ketika sebagian besar penggawa kami saat ini berlatih bersama tim nasional, pemain yang bersama dengan tim nasional senior akan mendapatkan sesi latihan yang intensif disana, sementara yang tersisa disini dapat mendapatkan latihan yang lebih spesifik,” tandasnya.

Youbel memimpin Satria Muda sebagai pelatih kepala dan berhasil meraih gelar  Coach of the Year 2016-2017, dan Juara IBL 2017-2018. Prestasi Youbel sebagai pemain SM saat yaitu mampu mendominasi Indonesia Basketball League (IBL) pada 2006 sampai 2009 dan National Basketball League (NBL) Indonesia 2010-11 dan 2011-12.

Ia menyumbangkan total enam gelar juara nasional secara beruntun, ditambah dua gelar Most Valuable Player (MVP) pada 2008 dan 2009. Lewat catatan prestasi tersebut, rasanya sudah cukup bagi Youbel untuk menjadi salah satu orang yang dianggap paling mengerti Satria Muda.

Peran Youbel di Satria Muda bergeser ke bidang kepelatihan selepas pensiun. Dirinya selalu menjadi asisten pelatih, hingga pada IBL 2016-2017 dimulailah tugas perdananya sebagai pelatih kepala. Hasilnya, Satria Muda hanya kalah satu kali dari 14 laga di musim reguler. Youbel dinobatkan sebagai Coach of the Year.  

Youbel merasa seperti ada unfinised bussiness di musim berikutnya. Berbekal kombinasi pemain senior dan junior yang proporsional, didukung keberadaan Dior Lowhorn dan Jamarr Johnson, Youbel berhasil membawa Satria Muda juara IBL 2017-2018. 

Sebagai pelatih, dikenal salah satu sosok yang tenang saat memimpin di pertandingan. Baik dalam keadaan memimpin, atau timnya dalam kondisi tertekan. Ketenangan dan kejelian Youbel membuatnya didapuk jadi salah satu asisten pelatih timnas Indonesia. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar