Lumat Wolfsburg 3-1, Dortmund Rebut Puncak Klasemen

KBRN, Jakarta: Borussia Dortmund sukses merebut puncak klasemen Bundesliga Jerman dari Bayern Munchen usai menaklukkan Wolfsburg dengan skor 3-1 pada laga pekan ke-13 Bundesliga Jerman 2021-22 di Volskwagen Arena, Sabtu (27/11/2021) malam WIB.

Erling Haaland yang kembali main pasca cedera langsung bawa tim tamu pesta gol. Borussia Dortmund bangkit dari ketinggalan untuk menang 3-1 atas Wolfsburg. Tim tamu sempat dikejutkan dengan gol cepat di awal babak pertama. Namun, Dortmund meresponnya sangat baik dengan mencetak satu gol di akhir babak pertama, serta dua gol kemenangan di babak kedua.

Meski berada di papan atas, namun Borussia Dortmund datang ke markas Wolfsburg dengan tren negative usai di pertandingan terakhir kalah telak 3-1 oleh Sporting Lisbon di penyisihan grup Liga Champions.

Berkaca dari hasil tersebut, Borussia Dortmund yang berhasrat bangkit langsung bermain menekan sejak awal babak pertama. Namun apes buat tim tamu, niat hati ingin cetak gol lebih dulu namun justru sang tuan rumah yang bisa menggetarkan jala mereka.

Adalah aksi Wout Weghorst yang lepaskan tembakan jarak dekat ke tengah gawang usai menerima assist dari Ridle Baku pada menit ke-2’. Bola mengarah deras ke gawang dan tak dapat diantisipasi oleh Gregor Kobel. Skor berubah 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Tertinggal cepat di awal babak pertama, langsung melecut semangat para pemain Borussia Dortmund. Beberapa kali duet lini depan Marco Reus, Donyell Malen dan Marius Wolf mampu mengancam pertahanan Wolfsburg.

Puncaknya pada menit ke-35’, Dortmund berhasil menyamakan kedudukan lewat eksekusi tendangan penalti Emre Can. Skor berubah 1-1 dan tetap bertahan hingga babak pertama berakhir.

Selepas jeda, Dortmund hampir berbalik unggul di menit ke-48. Namun, tembakan voli Nico Schulz dari dalam kotak penalti masih membentur tiang.

Wolfsburg berusaha keluar dari tekanan Dortmund di awal babak kedua. Aster Vranckx coba mengancam lewat tembakan dari luar kotak penalti. Usahanya ini masih bisa ditepis Gregor Kobel.

Pada menit ke-55, Dortmund bisa mencetak gol kedua di laga ini. Donyell Malen meloloskan diri dari pengawalan para pemain Wolfsburg usai mendapat sodoran bola dari Reus. Ia lalu melepas tembakan keras dari depan kotak penalti. Bola meluncur deras ke gawang Wolfsburg. Dortmund balik memimpin 2-1.

Dortmund memasukkan Erling Haaland yang baru sembuh dari cedera pada menit ke-73. Belum genap satu menit bermain, Haaland sudah menebar ancaman. Menerima bola pantul Ansgar Knauff, Haaland melepas sepakan mendatar. Namun, percobaannya ini masih bisa diamankan Pervan.

Haaland akhirnya bisa mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-80. Ia dengan tepat menyontek bola umpan silang Julian Brandt dari sisi kiri. Dortmund bisa mempertahankan keunggulan 3-1 ini hingga laga tuntas. 

Tambahan tiga angka membawa pasukan Marco Rose ke puncak klasemen dengan 30 poin. Dortmund menggusur Bayern Munich yang meraih 28 poin ke urutan kedua. De Roten baru akan bermain setelah ini menghadapi Arminia Bielefield. Sementara, Wolfsburg saat ini berada di urutan ke-7. Mereka mengumpulkan 20 poin.

Susunan Pemain:

Wolfsburg: Pervan; Lacroix, Guilavogui (Philipp 90'), Brooks, Baku (Mbabu75'), Vranckx, Arnold, Roussillon (Silva 61'); Nmecha (Waldschmidt 61'), Lukebakio, Weghorst

Dortmund: Kobel; Meunier, Akanji, Hummels, Schulz (Zagadou 90'); Brandt, Can (Witsel 85'), Dahoud; Wolf (Knauff 62'), Malen (Haaland 73'), Reus.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar