Hajar Southamton 4-0, Liverpool Pepet Chelsea di Puncak

KBRN, Jakarta: Liverpool berhasil memetik poin penuh ketika menjamu Southampton pada pekan ke-13 Premier League 2021/22. The Reds menang empat gol tanpa balas di Anfield Stadium, Sabtu (27/11/2021) malam WIB.

Diogo Jota tampil cemerlang dengan memborong dua gol dalam pertandingan ini. Sementara itu, Thiago Alcantara dan Virgil van Dijk masing-masing menyumbang satu gol.

Liverpool langsung tampil impresif sejak pertandingan dimulai. Southampton sangat kesulitan untuk meladeni cara main Liverpool pada awal babak pertama.

Hasilnya, The Reds mampu unggul cepat pada laga tersebut usai Diogo Jota mencetak gol pada menit kedua. Memanfaatkan umpan dari Andy Robertson, Diogo Jota mampu membobol gawang Southampton dari jarak dekat.

Setelah unggul, Liverpool langsung tancap gas lagi untuk coba menambah gol. Dua menit kemudian giliran Sadio Mane yang menanduk bola hasil crossing Robertson tapi masih melebar.

Mane sempat bikin gol pada menit ke-13 lewat tandukan meneruskan crossing Robertson, tapi dianulir VAR karena sudah terjebak offside duluan.

Southampton yang lebih banyak ditekan mencuri peluang pada menit ke-23. Armado Broja memanfaatkan kelengahan di lini belakang Liverpool dan mampu masuk ke kotak penalti. Alisson Becker dengan sigap mengadang sepakan jarak dekat Broja.

Jota mencetak gol keduanya pada menit ke-32. Lagi-lagi lini belakang Southampton yang rapuh dimaksimalkan Liverpool lewat kerjasama 1-2 Jordan Henderson dan Salah di sisi kanan. Salah lantas menusuk untuk melepaskan umpan tarik yang mudah saja dicocor Jota di depan gawang kosong. 

Lima menit kemudian, Thiago yang mencatatkan namanya di papan skor. Thiago merebut bola liar di depan kotak penalti Southampton dan langsung masuk ke area 16 meter, sebelum menembak dengan kaki kirinya. Bola membentur bek lawan yang mengecoh McCarthy. Skor menjadi 3-0 untuk keunggulan Liverpool.

Southampton mengancam gawang Alisson di menit ke-44 lewat Adam Armstrong yang menyambut umpan silang Toni Livramento. Alisson dengan sigap menepisnya. Skor 3-0 untuk keunggulan Liverpool atas Southampton tetap bertahan hingga turun minum.

Lima menit selepas turun minum, Liverpool mempunyai kans untuk menambah gol. Namun, Alex McCarthy berhasil menggagalkan tembakan Sadio Mane.

Dua menit berselang, Liverpool akhirnya bisa melebarkan selisih gol dengan Southampton. Virgil van Dijk mencetak gol setelah memanfaatkan umpan Trent Alexander-Arnold.

Southampton punya kesempatan untuk membalas pada menit ke-54. Sayang, sepakan Adam Amstrong masih bisa diselamatkan Alisson Becker.

Diogo Jota hampir saja mencetak gol ketiganya di laga ini pada menit ke-73. Namun, tembakan pemain asal Portugal tersebut masih melambung tinggi.

Alex Oxlade-Chamberlain mendapat kesempatan untuk membobol gawang Southampton pada menit ke-78. Sayang, sepakan kerasnya masih bisa dihalau Alex McCarthy.

Di sisa waktu yang ada, Liverpool masih berusaha untuk menambah gol. Namun, skor 4-0 untuk keunggulan The Reds tidak berubah hingga pertandingan selesai.

Tambahan tiga poin tersebut membuat Liverpool menempel ketat Chelsea yang menduduki puncak klasemen. Armada Jurgen Klopp tersebut mengumpulkan 28 angka atau tertinggal satu poin dari The Blues, yang belum memainkan pertandingan pekan ke-13.

Susunan Pemain:

Liverpool (4-3-3): Alisson, Alexander-Arnold, Konate, van Dijk, Robertson, Henderson (Milner 67'), Fabinho, Thiago (Oxlade-Chamberlain 59'), Salah, Jota (Minamino 81'), Mane.

Southampton (3-4-3): McCarthy, Bednarek (Redmond 46'), Lyanco, Salisu, Livramento, Ward-Prowse, Romeu, Perraud (Walker-Peters 88'), Broja, Adams (Tella 46'), Adam Armstrong.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar