Drawing Playoff Piala Dunia: Portugal-Italia 'Saling Bunuh'

italia_vs_portugal.jpg

KBRN, Jakarta: Drawing babak play-off kualifikasi Piala Dunia 2022 telah rampung digelar pada Jumat (26/11/2021) malam WIB. Ada dua negara unggulan yang harus ikut serta dalam fase ini, mengingat mereka gagal finis di posisi pertama babak grup.

12 tim telah diundi untuk mengikuti babak Play Off Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa. Tak disangka, Italia dan Portugal berada dalam satu pool. Oleh seba itu, salah satu dari Italia atau Portugal tidak akan tampil di Piala Dunia 2022.

Italia dan Portugal tergabung di Bracket C atau Path C. Namun, keduanya takkan langsung bertemu. Keduanya harus menghadapi masing-masing Makedonia Utara untuk Gli Azzurri dan Turki untuk Selecao das Quinas.

Jika keduanya menang atas lawan-lawannya, Italia dan Portugal akan bertemu dan saling sikut memperebutkan satu tiket ke Piala Dunia 2022.

Kehadiran Italia dalam fase ini cukup mengejutkan publik. Mereka tampak seperti kehabisan bensin setelah berhasil menjuarai Euro 2020 lalu. Setelah lama nangkring di posisi pertama, Gli Azzurri pada akhirnya finis di peringkat dua.

Nasib serupa juga dialami oleh Portugal. Kekalahan pada matchday terakhir dengan skor 1-2 memaksanya merelakan posisi puncak kepada Serbia. 

Pada akhirnya, Italia dan Portugal harus melewati fase play-off terlebih dahulu untuk mengikuti Piala Dunia 2022. Mereka pun telah mengetahui siapa yang harus dihadapi setelah prosesi drawing digelar baru-baru ini.

Ada 12 negara yang terlibat dalam fase ini. Selain Italia dan Portugal, ada juga Wales, Austria, Skotlandia, Ukraina, Rusia, Polandia, Swedia, Republik Ceko, Turki dan terakhir Makedonia Utara.

Ke-12 negara tersebut terbagi dalam tiga jalur dengan format semifinal ke final. Pemenang masing-masing final dari ketiga jalur tersebut akan mendapatkan tiket tampil di Piala Dunia 2022 yang diselenggarakan di Qatar.

Fase play-off ini berpotensi menghadirkan duel seru antara Italia dan Portugal. Keduanya bisa bertatap muka di babak final kalau mampu mengalahkan masing-masing lawannya. Artinya, salah satu dari keduanya bakalan absen dari Piala Dunia 2022.

Semua pertandingan semifinal playoff zona Eropa dihelat pada 24 Maret dan final pada 29 Maret. Sementara untuk dua playoff lainnya, yang mempertemukan wakil Asia kontra wakil Amerika Selatan dan wakil Amerika Utara, Tengah, dan Karibia kontra wakil Oseania, digelar satu leg pada 13-14 Juni di Qatar.

Hasil Lengkap Drawing Play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022 dilansir dari laman resmi FIFA (27/11/2021):

JALUR A

Semifinal

Skotlandia vs Ukraina

Wales vs Austria

Final

Pemenang Wales vs Austria jadi tuan rumah

JALUR B

Semifinal

Rusia vs Polandia

Swedia vs Republik Ceko

Final

Pemenang Rusia vs Polandia jadi tuan rumah

JALUR C

Semifinal

Italy vs Makedonia Utara

Portugal vs Turki

Final

Pemenang Portugal vs Turki jadi tuan rumah

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar