Bantai Zorya, Roma Lolos 16-Besar Conference League

KBRN, Jakarta: AS Roma memetik kemenangan krusial atas Zorya Luhansk dengan skor telak 4-0 pada matchday lima Grup C Liga Konferensi Eropa 2021-2022, Jumat (26/11/2021) dini hari WIB, di Estadio Olimpico. Berkat kemenangan itu, Il Lupi berhak atas selembar tiket ke babak 16 besar Liga Konferensi Eropa 2021-2022.

Bertanding di markas sendiri, skuad asuhan Jose Mourinho tampil apik di babak pertama. Mereka memegang jalannya pertandingan lewat dominasi penguasaan bola.

Hasilnya, pada menit ke-15 gol, pertama Giallorossi bisa tercipta melalui aksi Carles Perez yang memanfaatkan asis dari Stephan El Shaarawy. 1-0. Akselerasi Stephan El Shaarawy berhasil diakhiri dengan umpan cantik ke arah Carles Perez. Pemain asal Spanyol itu tanpa kesalahan menjebol gawang Dmytro Matsapura.

Gol kedua Roma datang ketika pertandingan telah berjalan selama 33 menit. Memanfaatkan bantuan asis dari Jordan Veretout, Nicolo Zaniolo berhasil membubuhkan namanya di papan skor dan mengubah kedudukan jadi 2-0.

Roma sempat mendapatkan penalti jelang pertandingan berakhir, namun gagal dikonversi menjadi gol oleh Veretout. Skor 2-0 bertahan sampai wasit mengakhiri jalannya babak pertama.

Roma langsung tancap gas setelah wasit memulai kembali pertandingan. Hanya selang beberapa detik setelah kick-off babak kedua, gol ketiga tercipta melalui kaki kanan Tammy Abraham yang dibantu oleh Zaniolo. 3-0.

Unggul tiga gol tidak membuat serangan Roma kendor. Beberpa peluang tercipta selama babak kedua berjalan, yang asalnya dari Zaniolo dan Abraham. Tapi gol keempat yang mereka cari belum juga didapatkan.

Zorya bukannya tanpa perlawanan. Sesekali, mereka berhasil keluar dari tekanan Roma dan mencoba peruntungannya untuk memperkecil kedudukan. Hanya saja pertahanan Roma terlalu disiplin untuk mereka bongkar.

Gol keempat Roma akhirnya datang pada menit ke-75. Untuk kedua kalinya, Abraham membubuhkan namanya di papan skor setelah tembakan kaki kanannya dari tengah kotak penalti mengarah ke sudut bawah gawang Zorya. 4-0.

Roma mengendurkan intensitas seragannya setelah meraih gol keempat. Skor pun tidak mengalami perubahan sampai wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Roma keluar sebagai pemenang dengan skor telak 4-0.

Berkat kemenangan telak ini, mengunci posisi Roma di dua besar klasemen sementara Grup C dengan koleksi 10 poin. Hanya terpaut satu angka dari Bodo/Glimt yang berada di puncak dengan satu laga tersisa.

Susunan Pemain:

AS Roma (3-4-3): Rui Patricio; Gianluca Mancini, Chris Smalling (Roger Ibanez 70'), Marash Kumbulla; Rick Karsdorp, Jordan Veretout, Henrikh Mkhitaryan (Filippo Missori 79'), Stephan El Shaarawy (Nicola Zalewski 70'); Carles Perez, Tammy Abraham (Borja Mayoral 76'), Nicolo Zaniolo (Eldor Shomurodov 70').

Zorya (4-4-2): Dmytro Matsapura; Denis Favorov, Vitaliy Vernydub, Maksim Imerekov, Leovigildo (Igor Snurnitsyn 71'); Allahyar Sayyadmanesh (Raymond Owusu 83'), Serhiy Buletsa (Cristian 83'), Lovro Cvek, Vladyslav Kabayev; Artem Gromov (Egor Nazarina 46'), Shahab Zahedi (Oleksandr Gladky 46').

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00