FOKUS: #PEPARNAS PAPUA

Indonesia Raih Kemenangan Perdana Atas Kazakhstan

KBRN, Jakarta: Tim Nasional (Timnas) Bolabasket Putri Indonesia berhasil meraih kemenangan perdana atas Kazakhstan pada kualifikasi Divisi B Fiba Women Asia Cup 2021 yang berlangsung semalam di Prince Hmazah Arena, Amman, Yordania. Timnas Putri menang denga skor 69-79.

Pelatih Timnas Bolabasket Putri Indonesia Lin Chi Wen menyebut, tim asuhannya mampu unggul karena mampu memainkan pertahanan yang baik. Pada saat yang bersamaan juga mulai menikamti permainan.

“Kami memainkan pertahanan yang baik, semua pemain mulai menikmati permainan namum tetap fokus,” ujar Lin usai pertandingan Minggu (7/11/2021) malam.

Lin menuturkan Timnas Pertiwi tampil apik sejak awal babak pertama, dimana mereka hanya melakukan tiga kali turnovers (kesalahan). Sementara Kazakhstan melakukan 11 kali turnovers.

“Kami mengontrol bola dengan baik terutama di awal babak pertama, dimana kami hanya melakukan 3 kali turnovers (kesalahan) dan kami memaksa tim lawan untuk melakukan 11 kali turnovers,” jelas Lin.

Lin melanjutkan, keunggulan yang dimliki Timnas Putri saat ini tidak lain adalah hasil kerja seluruh tim. Walau ada beberapa pemain yang memiliki sumbangsih cukup besar, namun baginya semua anak asuhnya berperan pada kemenangan tim.

“Secara ofensif, saya rasa ini adalah hasil kerja tim. Meski Kimberley menjadi pencetak poin terbanyak, tapi banyak penguasaan bola terjadi karena kerja tim. Kemudian Henny banyak mengunci kemenangan kami dengan tangannya yang berbakat, 5 kali perolehan 3 poin,” lanjut Lin.

Menanggpai penampilan Kazakhstan, bagi Lin lawannya ini tampil sangat baik. Terutama dengan pengalaman mereka pada pertandingan di level internasional.

“Kami sangat menghormati Kazakhstan, mereka sangat gigih. Mereka tidak pernah menyerah hingga suara penanda akhir pertandingan dibunyikan. Mereka juga sangat berpengalaman pada kompetisi internasional seperti ini,” ucap Lin.

Kemenangan perdana ini pun membuat Pelatih Lin mengaui rasa bangga akan anak asuh dan seluruh Timnas Bolabasket Putri Indonesia

“Saya sangat bangga dengan pemain – pemain saya, karena ini nadalah pengalaman pertama mereka di Fiba Women Asia Cup. Saya sangat bangga akan Indonesia,” tambah Lin.

Pada kualifikasi Divisi B Fiba Women Asia Cup 2021, Indonesia berada di pool (grup) B bersama Kazakhstan dan tuan rumah Yordania. Sementara di Grup A ada Lebanon, Syria, Iran.

Setelahnya di laga kedua, Timnas Bolabasket Putri Indonesia akan bertemu tuan rumah Yordania yang akan berlangsung mala mini di Prince Hamzah Arena, Amman, Yordania.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar