Gegar Otak Ringan, Marquez Absen di MotoGP Algarve

KBRN, Jakarta: Kabar buruk kembali datang dari rider Repsol Honda, Marc Marquez. Pada Selasa (2/11/2021), timnya mengumumkan bahwa ia harus absen dari MotoGP Algarve di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal, pada 5-7 November nanti akibat mengalami gegar otak ringan.

Melalui laman resmi Honda Racing Team, Selasa (2/10/2021), Honda menyebut bahwa Marquez mengalami kecelakaan saat berlatih dengan motor off-road di Spanyol pada Sabtu (30/11/2021). Usai menjalani beberapa hari istirahat, ternyata sang delapan kali juara dunia yang juga masih dalam pemulihan cedera patah lengan kanan ini tak merasa baikan.

Alhasil, hari ini ia menjalani pemeriksaan dengan para dokter untuk mengevaluasi kesempatannya turun di MotoGP Algarve akhir pekan nanti. Sayangnya, tim dokter terpaksa menyarankan pembalap berusia 28 tahun tersebut untuk istirahat dan absen dari balapan.

“Sabtu lalu, Marc Marquez, saat mempersiapkan Grand Prix Algarve dengan salah satu sesi latihan off-road standarnya, jatuh yang menyebabkan gegar otak ringan,” demikian pernyataan resmi Repsol Honda Team, Selasa (2/11/2021).

“Setelah beberapa hari beristirahat di rumah dan melihat kondisinya yang masih kurang sehat, hari ini Marquez telah diperiksa oleh dokter dalam pemeriksaan medis untuk mengevaluasi statusnya saat ini.

“Sebagai tindakan pencegahan, Marquez tidak akan mengikuti Grand Prix Algarve pada akhir pekan ini.”

Absen balapan di Portimao merupakan kali ketiga bagi Marc Marquez sepanjang MotoGP 2021. Sebelumnya, saat awal musim, pengguna nomor #93 itu tidak tampil di seri Qatar serta Doha karena masih pemulihan cedera lengan kanan.

Harus melewatkan putaran GP Algarve sendiri adalah pukulan berat untuk Marquez. Pasalnya, pengoleksi delapan kali juara dunia itu sedang dalam momentum bagus, menyusul kemenangan back-to-back di Austin dan Misano.

Tambahan dua kemenangan itu, ditambah satu podium tertinggi di Sachsenring, serta finis kedua di Aragon telah mendongkrak Marquez naik ke peringkat keenam klasemen sementara.

Mengemas 142 poin, Marquez berpeluang besar menggusur Jack Miller dan Johann Zarco untuk lima besar klasemen. Hal ini mengingat perolehan angka yang tidak begitu terpaut jauh, yakni 7 serta 10 poin.

Namun sayangnya, lantaran harus absen demi memulihkan diri pasca-cedera gegar otak ringan, Marquez pun kini bisa digeser oleh Brad Binder (KTM) yang membuntutinya dengan selisih hanya enam angka.

Belum diketahui apakah Honda bakal menunjuk test rider Stefan Bradl sebagai pengganti Marquez di GP Algarve. Adapun, diharapkan The Baby Alien dapat segera pulih ketika MotoGP mendatangi Sirkuit Ricardo Tormo untuk gelaran GP Valencia pada 14 November, pekan berikutnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar