Shin Tae-Yong Bangga Semangat Juang Pemain

Aksi Kapten Timnas Indonesia U-23, Asnawi Mangkualam Bahar saat pertandingan melawan Australia, Selasa, 26 Oktober 2021 malam. Dalam pertandingan leg pertama AFC Cup Kualifikasi Grup G, Indonesia menyerah 2-3 dari Australia. Leg kedua akan berlangsung pada Jumat, 29 Oktober 2021 mendatang. (Dok. PSSI)

KBRN, Jakarta: Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-23 akhirnya harus mengakui keunggulan Australia usai tuai kekalahan 2 – 3 dalam kualifikasi Piala Asia U-23 yang berlangsung di Republican Central Stadium, Dushanbe, Tajikistan, Selasa (26/10/2021) malam.

Menanggapi kekalahan ini, Pelatih Kepala Timnas Indonesia Shin Tae-Yong mengaku kecewa karena skor akhir yang tipis, namun mengaku bangga akan anak asuhnya yang tidak mudah menyerah meski tertinggal lebih dulu

“Memang karena kami kalah dengan skor 2 – 3, jadi tentu saya tidak begitu senang. Tetapi saya senang dengan para pemain kami yang pantang menyerah meski kemasukan gol terlebih dahulu. Saya ingin para pemain lebih percaya diri pada pertandingan berikutnya,” ujar Shin kepada media usai pertandingan malam ini, seperti dikutip RRI.co.id, Selasa (26/10/2021).

Melihat hasil pertandingan ini, Shin pun memiliki catatan tersendiri untuk dievaluasi.

Di antaranya fisik dan mental pemain yang masih harus terus diasah.

BACA JUGA: AFC CUP U-23: Australia Kalahkan Indonesia 3-2

“Pertama kalau kita melawan tim yang lebih baik secara fisik dan kuat, para pemain mudah merasa takut atau terintimidasi. Padahal para pemain sudah punya kemampuan yang baik. Karena telah lebih dulu takut jadi tidak bisa menunjukkan performa yang baik,” jelas mantan pelatih Timnas Korea Selatan ini.

Shin Tae-Yong beharap, pada leg kedua nanti punggawa Garuda akan lebih percaya dengan kemampuan diri sendiri untuk mencapai hasil maksimal.

“Tetapi kalau untuk pertandingan berikutnya harus lebih percaya pada (kemampuan) diri sendiri, pasti akan lebih baik untuk hasil berikutnya,” sambung dia.

Setelah leg pertama hari ini, Indonesia dijadwalkan kembali bertemu Australia di leg kedua pada Jumat (29/10/2021) mendatang.

Indonesia dan Australia berada di Grup G dalam kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Sebelumnya China dan Brunei Darussalam yang juga bergabung di grup G, mengundurkan diri dari kompetisi dan menyisakan Indonesia dan Australia.

Saat ini Australia unggul agregat dan gol tandang, akan tetapi, Indonesia masih memiliki peluang untuk merebut tiket putaran final ke kualifikasi.

Syaratnya Garuda Muda setidaknya harus mampu memetik kemenangan dengan agregat minimal 2 – 0 atas Australia. (Miechell Octovy Koagouw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00