Prediksi 'EL Clasico': Barcelona vs Real Madrid

KBRN, Jakarta: Barcelona akan menghadapi sang rival Real Madrid pada pekan ke-10 Liga Spanyol atau La Liga 2021/22, Minggu (24/10/2021). Pertandingan bertajuk El Clasico di Camp Nou ini dijadwalkan kick-off 21:15 WIB.

El Clasico edisi ke-247 ini terbilang unik karena akan jadi El Clasico perdana tanpa Lionel Messi di kubu Barcelona setelah sekian lama. La Pulga yang menjadi top skor derby sengit ini dengan 26 gol sudah resmi hengkang pada musim panas lalu ke Paris Saint-Germain.

Meski demikian laga ini tetap akan menarik untuk ditonton karena kita bisa melihat bagaimana kedua tim bertarung tanpa satu atau dua nama dominan. Bisa jadi ini adalah awal kisah legenda generasi baru yang mungkin diwakili oleh Ansu Fati, Vinicius Junior, atau  pun Eduardo Camavinga.

Tidak ada yang bisa menebak jalannya sebuah partai besar penuh gengsi seperti El Clasico namun tidak ada salahnya menengok hasil pertemuan terakhir juga performa kedua tim sebagai referensi prediksi. 

Ada beberapa faktor yang membuat Barcelona kurang difavoritkan. Yang pertama adalah performa.

Dalam 11 pertandingan yang sudah mereka mainkan di semua kompetisi musim ini, Barcelona racikan Ronald Koeman hanya meraih lima kemenangan (M5 S3 K3). Mereka juga baru mencetak 15 gol dan sudah kebobolan 14.

Sementara itu, Madrid besutan Carlo Ancelotti telah meraih tujuh kemenangan dari 11 pertandingan mereka (M7 S2 K2). Madrid juga telah mencetak 29 gol dan baru kebobolan 12.

Faktor lainnya adalah 'kartu as'. Selepas era Lionel Messi, juga setelah 'membuang' Luis Suarez dan Antoine Griezmann ke Atletico Madrid, Barcelona belum punya pemain yang bisa dijadikan tumpuan utama. Penyerang-penyerang baru seperti Memphis Depay dan Luuk de Jong belum sepenuhnya meyakinkan, sedangkan Ansu Fati dengan nomor 10 'warisan Messi' mungkin masih banyak kekurangan.

Sementara itu, Madrid punya Karim Benzema. Musim ini, striker Prancis tersebut telah mengukir 11 gol dan delapan assist dalam 11 penampilan untuk Madrid di semua ajang.

Di Liga Champions tengah pekan kemarin, Barcelona dan Madrid sama-sama meraih kemenangan. Barcelona menjinakkan Dynamo Kiev 1-0 lewat gol tunggal Gerard Pique di Camp Nou, yang merupakan kemenangan pertama mereka setelah sebelumnya dipermak Bayern Munchen dan Benfica 0-3. Namun, barisan penyerang Barcelona tampil mengecewakan.

Sementara itu, Madrid menghabisi Shakhtar Donetsk 5-0 di Ukraina. Trio penyerang Madrid (Vinicius Junior, Benzema, Rodrygo) masing-masing menyumbang gol dan/atau assist untuk timnya.

Merujuk head-to-head, Real Madrid lebih diunggulkan untuk memenangi laga ini. Dalam lima laga terakhir, Los Blancos menang tiga kali, dan cuma sekali kalah. Tiga kemenangan bahkan diraih Real Madrid secara beruntun sejak 2 Maret 2020 lalu.

Melihat beberapa faktor tersebut, meski main kandang, Barcelona sepertinya kurang difavoritkan di El Clasico nanti. Untuk hasil akhir, Real Madrid diprediksi akan keluar sebagai pemenang dalam laga 'EL Clasico' edisi kali ini. Benzema dkk. akan mengalahkan Barcelona dengan skor 1-2 atau 1-3.

Perkiraan Susunan Pemain:

Barcelona (4-3-3): ter Stegen; Balde, Garcia, Pique, Roberto; Gavi, Busquets, Frenkie de Jong; Fati, Depay, Dest.

Pelatih: Ronald Koeman.

Info skuad: Braithwaite (cedera), Araujo (cedera), Pedri (cedera), Dembele (meragukan), Alba (meragukan).

Real Madrid (4-3-3): Courtois; Mendy, Alaba, Militao, Nacho; Casemiro, Modric, Kroos; Vinicius, Benzema, Rodrygo.

Pelatih: Carlo Ancelotti.

Info skuad: Ceballos (cedera), Bale (cedera), Carvajal (meragukan), Hazard (meragukan), Jovic (meragukan), Isco (meragukan).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00