Borneo FC Menang Tipis 2-1 atas PSM Makassar

KBRN, Jakarta: Borneo FC sukses mengakhiri puasa kemenangan sejak pekan pertama. Tim berjuluk Pesut Etam itu comeback dengan membungkam PSM Makassar 2-1 pada laga pekan ke delapan BRI Liga 1 2021-22 di Stadion Manahan, Solo, Jumat (22/10/2021).

Borneo FC memegang kendali pertandingan sejak babak pertama, akan tetapi mereka malah tertinggal di paruh pertama 0-1. Pada babak kedua, pasukan Risto Vidakovic berhasil bangkit dan mencetak dwigol, keunggulan 2-1 untuk kemenangan Borneo FC atas PSM Makasar bertahan hingga pertandingan usai.

Pada awal babak pertama, kedua tim masih menampilkan permainan pasif dan cenderung mencari aman. Karena itu, tidak ada peluang berarti yang tercipta selama 10 menit pertama pertandingan. 

Selepas 10 menit pertama, Pesut Etam -julukan Borneo FC- terpantau bermain lebih menguasai jalannya pertandingan. Inisiasi serangan pasukan Risto Vidakovic dipimpin oleh Muhammad Sihran dan Jonathan Bustos, sayangnya upaya mereka belum membuahkan hasil.

PSM mengejutkan dengan mampu mencetak gol lebih dulu melalui Yakob Sayuri pada menit ke-29. Memanfaatkan umpan Ilham Udin, pemain berusia 24 tahun itu mampu menggetarkan gawang Borneo FC.

Sepakan Ilham masih bisa diblok oleh Wildansyah, namun bola liar sampai di kaki Yakob Sayuri, yang dengan tenang melepaskan tembakan yang gagal diantisipasi oleh kiper Borneo FC, Gianluca Pandeynuwu. Skor 1-0 untuk Juku Eja bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, barulah Borneo bangkit. Gol penyama kedudukan hadir di menit ke-53. Terens Puhiri yang menerima umpan terobosan di kotak penalti PSM dari sisi kanan kemudian melepaskan umpan silang mendatar kepada Jonathan Bustos.

Bebas tak terkawal, Bustos langsung melepaskan tembakan keras mendatar ke gawang PSM. Meski arahnya ke tengah gawang dan sempat menyentuh tangan kiper PSM Hilman Syah, namun bola tetap melaju deras ke dalam gawang.

Gol tersebut menambah semangat para pemain Borneo FC. Upaya mencetak gol kedua pun akhirnya berbuah hasil di menit ke-66. Crossing yang dilepaskan oleh Marckho Merauje berhasil disambar Francisco Torres dengan sundulan yang bersarang telak di sudut kiri gawang Hilman Syah.

Tertinggal satu gol, PSM coba membalas. Upaya menyamakan kedudukan pun dilakukan, salah satunya lewat sepakan Rizky Eka yang membentur tiang di injury time babak kedua, namun tak ada yang sukses berbuah gol lagi hingga laga usai.

Dengan kemenangan 2-1 ini, Borneo FC naik ke posisi 11 klasemen sementara Liga 1 dengan koleksi 10 poin. Adapun PSM menempati urutan 7 dengan 12 poin.

Susunan Pemain Borneo FC Vs PSM Makassar

Borneo FC (4-2-3-1): Gianluca Pandeynuwu; Marckho Meraudje; Javlon Guseynov, Wildansyah, Safrudin Tahar; Hendro Siswanto, Nuriddin Davronov; Terens Puhiri, Jonathan Bustos, Muhammad Sihran; Francisco Torres

Pelatih: Risto Vidakovic

PSM Makassar (4-3-3): Himan Syah; Zulkifli Syukur, Serif Hasic, Hasyim Kipuw, Abdul Rahman; Muhammad Arfan, Sutanto Tan, Wiljan Pluim; Yakob Sayuri, Ilham Udin Armaiyn, Anco Jansen

Pelatih: Milomir Seslija.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00