Timnas Indonesia U-23 Menang 2-0 atas Nepal

KBRN, Jakarta: Timnas Indonesia U-23 sukses memenangkan duel laga uji coba melawan Nepal U-23 dengan skor 2-0 di Hisor Central Stadium, Tajikistan, Jumat (22/10/2021) malam WIB.

Pertandingan ini masih bertitel uji coba. Skuat asuhan Shin Tae-yong menggelar laga ini sebagai ajang persiapan sebelum terjun ke Kualifikasi Piala Asia U-23.

Di pertandingan ini, timnas Indonesia tampaknya unggul dalam penguasaan bola. Gol di laga ini dihasilkan oleh Hanis Saghara dan Witan Sulaeman.

Timnas Indonesia U-23 langsung tampil mendominasi penguasaan bola. Mereka mampu menekan pertahanan Nepal U-23.

Dua peluang didapat dari tandukan M Firli pada menit ke lima dan Komang Tri pada menit ke-11. Namun mereka belum bisa menjebol gawang Nepal.

Menit ke-21, Beckham Putra mengancam gawang Nepal melalui tendangan bebas. Namun bola masih bisa ditepis kiper Nepal U-23.

Shin Tae-yong kemudian melakukan pergantian pemain dengan cepat. Pada menit ke-32, tiga pemain sekaligus dimasukkan; Ronaldo, Genta, dan Komang Teguh. Mereka menggantikan Beckham, Firli, dan Natanael.

Sayangnya, pergantian ini tak membuahkan hasil. Laga babak pertama Indonesia U-23 vs Nepal U-23 ini pun berakhir 0-0.

Di babak kedua, coach Shin Tae-yong melakukan perombakan besar. Sembilan pemain sekaligus ditarik keluar.

Shin Tae-yong di antaranya memasukkan Hanis Saghara, Waitan Sulaeman, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, dan Bagus Kahfi. Perubahan tersebut membuahkan hasil.

Pada menit ke-55, serangan Merah Putih akhirnya membuahkan hasil. Hanis Saghara menjebol gawang Nepal dengan sontekan kakinya. 1-0.

Usai unggul, tim lawan juga kerap kali memberikan perlawanan. Mereka sering memberikan ancaman untuk menyamakan kedudukan. Beruntung, pintu pertahanan yang dikawan Ernando dan kawan-kawan tampil dengan solid.

Menit ke-66, Ramai Rumakiek mengancam gawang Nepal dengan tusukannya dari lini kedua. Namun usahanya mencetak gol masih bisa digagalkan bek lawan.

Memasuki menit krusial, yakni menit 80, tempo pertandingan semakin memanas dan berjalan menarik. Kedua kubu tampil dengan terbuka. Namun, skema tersebut membuka celah yang besar. 

Menit ke-85, Nepal mendapat peluang apik. Namun tandukan penyerang lawan masih bisa dihalau dengan cekatan oleh Ernando.

Duel kemudian berlangsung makin sengit. Namun akhirnya justru Indonesia U-23 yang berhasil mencetak gol lagi. Kali ini melalui aksi Witan Sulaeman pada menit 90+3, memanfaatkan umpan terobosan dari lini tengah. 2-0 Nepal U-23 tertinggal.

Gol itu menjadi penutup laga tersebut. Indonesia U-23 pun menang dua gol tanpa balas atas Nepal U-23. Setelah ini tim asuhan Shin Tae-yong akan terjun di Kualifikasi Piala AFC U-23 melawan Australia pada 26 dan 29 Oktober 2021 mendatang di Republican Central Stadium Dushanbe, Tajikistan.

Indonesia dan Australia jadi dua tim tersisa di Grup G Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Sebelumnya China dan Brunei Darussalam memutuskan mundur karena pandemi COVID-19.

Susunan Pemain

Indonesia U-23: Ernando; Irsan, Firly, Komang Tri, Bayu Fiqri; M Kanu, Eka Febri, Beckham Putra; Natanael, Taufik Hidayat, Feby Eka.

Pelatih: Shin Tae-yong.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00