Kalahkan Sampdoria 4-0, Napoli Gusur Inter di Puncak

KBRN, Jakarta: Napoli sukses menggusur Inter Milan dari puncak klasemen sementara Serie A Italia 2021/22 setelah mencatat kemenangan telak 4-0 atas tuan rumah Sampdoria di Stadion Luigi Ferraris, Jumat (24/9/2021) dinihari WIB.

Penampilan ciamik diperlihatkan Napoli pada pertandingan ini. Selain mencetak empat gol tanpa balas, tim kota pelabuhan itu juga mencatat kesempurnaan di lima laga awal musim. Mereka kini unggul dua poin dari peringkat kedua Inter Milan. Ini untuk kali ketiga mereka menang lima kali secara berturut-turut setelah sebelumnya di musim 1987/88 dan 2017/18.

Tiga poin dalam pertandingan ini berhasil diraih berkat gol-gol dari Victor Osimhen (menit ke-10 dan 50), Fabian Ruiz (39'), dan Piotr Zielinski (59').

Bermain dengan status tim tamu, Napoli langsung menggebrak pertahanan Sampdoria. Laga baru berjalan tujuh menit. Sayangnya, tendangan Victor Osimhen mengarah ke pelukan penjaga gawang Emil Audero.

Osimhen membayar kegagalannya itu di menit ke-10. Striker Nigeria itu berhasil memanfaatkan kesalahan umpan dari Adrien Silva, merebut bola dan melakukan serangan balik dengan mengoper kepada Lorenzo Insigne di sisi kanan.

Insigne kemudian mengirim crossing ke kotak penalti yang berhasil disontek oleh Osimhen. Audero coba menghalau, namun bola sudah melewati garis gawang. Skor menjadi 1-0 untuk Napoli.

Sampdoria coba membalas. Silva berusaha menebus dosa dengan melepaskan tembakan jarak jauh di menit ke-19, tetapi berhasil ditepis oleh David Ospina. Sundulan Maya Yoshida semenit berselang juga berhasil dimentahkan kiper Kolombia itu.

Di menit ke-22, Ospina kembali sukses menahan gempuran Sampdoria, saat ia menepis sepakan keras Antonio Candreva dari sisi kanan. Candreva kembali mendapat peluang di menit ke-35, tetapi sepakan jarak jauhnya melambung di atas gawang.

Napoli tak diam saja. Insigne melepaskan tembakan keras mendatar dari luar kotak penalti di menit ke-38, tapi Audero berhasil menepisnya. Semenit kemudian, gol kedua untuk Napoli pun hadir.

Crossing Hirving Lozano dari sisi kanan disambut Insigne di kotak penalti, tapi alih-alih mencari ruang tembak, ia kembali mengoper keluar kotak penalti kepada Fabian Ruiz. Gelandang Spanyol itu kemudian melepaskan tendangan terukur yang sukses bersarang di sudut kiri gawang Audero.

Skor 2-0 menutup babak pertama.

Permainan agresif Napoli tidak mengalami penurunan di babak kedua. Bahkan mereka berhasil memperlebar selisih gol ketika babak kedua berjalan lima menit. Umpan Hirving Lozano dari kanan serangan diselesaikan Osimhen dengan baik.

Napoli terus memberikan tekanan ke pertahanan Sampdoria, meski sudah unggul tiga gol. Kegigihan Napoli membuahkan hasil selang lima menit kemudian. Lozano kembali menyumbang assist yang membuat Piotr Zielinski mencatatnkan namanya di papan skor.

Sampdoria sebetulnya mampu menjebol gawang Ospina pada menit ke-73. Namun gol Antonio Candreva dalam kemelut di kotak penalti tim tamu dianulir wasit, karena Caputo dianggap berada dalam posisi off-side sebelum memulai kemelut.

Napoli sepertinya sudah cukup puas dengan keunggulan empat gol, dan menurunkan tempo permainan. Di lain sisi, Sampdoria tidak mampu memanfaatkan situasi untuk memperkecil ketertinggalan, sehingga pertandingan ditutup dengan skor 4-0.

Kemenangan ini membuat skuad asuhan Luciano Spalletti masih menorehkan hasil sempurna dengan lima kemenangan dan raihan 15 poin, unggul dua poin dari Inter Milan dan AC Milan yang membuntuti di belakang. Sementara Sampdoria menempati urutan 13 dengan 5 poin akibat kekalahan ini.

Susunan pemain:

Sampdoria: Audero; Bereszynski (Depaoli 71'), Yoshida, Colley, Augello; Candreva, Thorsby (Askildsen 71'), Adrien Silva (Ekdal 55'), Damsgaard; Caputo (Ciervo 84'), Quagliarella (Torregrossa 55')

Napoli: Ospina; Di Lorenzo, Rrahmani (Manolas 48'), Koulibaly, Mario Rui; Anguissa, Fabian Ruiz, Zielinski (Elmas 68'); Lozano (Ounas 81'), Osimhen (Petagna 81'), Insigne (Politano 68').

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00