Pellegrini Brace, AS Roma Hantam CSKA Sofia

KBRN, Jakarta: AS Roma memulai fase grup C UEFA Conference League dengan kemenangan telak 5-1 atas CSKA Sofia di Olimpico, Jumat (17/9/2021) dini hari WIB. Giallorossi comeback usai kebobolan cepat dari tamunya terlebih dahulu di awal babak pertama.

Armada Jose Mourinho menurunkan trio ujung tombak, Shomurodov, Pellegrini, dan El Shaarawy sejak menit pertama di laga ini.

Namun, I Lupi justru dikejutkan oleh tim tamu dan sudah kebobolan di menit ke-10 lewat serangan balik, kala Graham Carey menyambar bola liar yang gagal disapu pertahanan Roma. Gelandang serang asal Irlandia ini melewati 3 bek AS Roma sebelum melepaskan tembakan yang meluncur ke pojok atas gawang.

Peluang bagus buat Roma di menit ke-11. Umpan silang Rick Karsdorp dari kanan jatuh di tiang jauh dan disundul El Shaarawy yang berdiri cukup bebas. Tapi upayanya melambung tipis di atas gawang.

Kesempatan lain untuk tuan rumah tujuh menit berselang didapatkan lewat Eldor Shomurodov. Tusukannya di sisi kiri dalam kotak penalti diakhiri sepakan mendatar yang masih bisa dihalau kiper.

Usaha tuan rumah untuk menyamakan kedudukan akhirnya membuahkan hasil. AS Roma berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-25. Menerima umpan dari Rick Karsdorp, Lorenzo Pellegrini melepaskan tendangan melengkung yang tak bisa dijangkau kiper CSKA Sofia.

Roma berbalik unggul pada menit ke-38. Stephan El Shaarawy melepaskan tembakan tak terhentikan ke pojok kiri gawang setelah diberi umpan oleh Eldor Shomurodov. 

Usai gol tersebut, kedua tim masih melakukan jual beli serangan, tetapi tak ada tambahan hingga babak pertama usai. Skor 2-1 untuk keunggulan I Giallorossi menjadi penutup laga di paruh pertama. 

Keluar dari kamar ganti, AS Roma tetap mengendalikan permainan di paruh kedua. Sementara CSKA Sofia lebih mengandalkan serangan balik.

Alhasil, Pellegrini mampu mengubah skor menjadi 3-1 pada menit ke-62 setelah menyambut umpan tarik Riccardo Calafiori.  Pellegrini mencatatkan gol keduanya malam ini dengan kaki kirinya.

CSKA Sofia semakin kesulitan setelah Yannick Wildschut menerima kartu kuning kedua di menit ke-80. Hanya berselang dua menit kemudian gol keempat Roma tercipta melalui Gianluca Mancini, usai mencocor bola rebound hasil sepakan Chris Smalling yang membentur tiang.

Nyaris Shomurodov membuat gol kelima Roma di menit ke-83. Sepakannya membentur tiang gawang.

Tammy Abraham melengkapi kemenangan AS Roma pada menit ke-82. Menerima umpan dari Shomurodov, Tammny Abraham yang lepas dari jebakan offside dengan mudah meluncurkan bola melewati Busatto yang coba maju menutup ruang. 

Tak ada lagi gol tercipta hingga laga usai. AS Roma sukses membekuk CSKA Sofia dengan skor 5-1.

Dengan hasil ini, AS Roma untuk sementara menempati peringkat pertama klasemen Grup C dengan tiga poin. Sementara posisi kedua ditempati oleh Bodoe/Glimt yang menang 3-1 atas wakil Ukraina, Zorya.

Susunan pemain:

AS Roma: Rui Patricio; Karsdorp (Ibanez 46'), Mancini, Smalling, Calafiori (Kumbulla 77'); Villar (Veretout 58'), Diawara (Cristante 58'); Perez, Pellegrini (Abraham 75'), El Shaarawy; Shomurodov

CSKA Sofia: Busatto; Turitsov (Donchev 74'), Mattheij, Galabov, Mazikou; Yomov (Bai 68'), Muhar, Lam, Wildschut; Carey, Krastev (Ahmedov 87').

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00