10 Pemain MU Takluk di Kandang Young Boys

KBRN, Jakarta: Bermain dengan 10 pemain sejak pertengahan babak pertama, Manchester United dipaksa menelan pil pahit dengan takluk dari wakil Swiss, BSC Young Boys 1-2 pada laga perdana Grup F Liga Champions 2021-22, Rabu (15/9/2021) dini hari WIB.

Setan Merah sebenarnya berhasil memimpin lebih dulu berkat gol Cristiano Ronaldo di babak pertama. Akan tetapi, kartu merah Aaron Wan-Bissaka membuat pasukan Ole Gunnar Solskjaer terus tertekan hingga kebobolan dua gol di babak kedua.

Berstatus sebagai tim tuan rumah, Young Boys mencoba mencuri gol pertama ke gawang Manchester United. Laga baru berjalan tiga menit, Meschack Elia nyaris membawa tuan rumah unggul andai tendangan tidak melebar dari gawang De Gea.

Namun pada menit ke-13, Manchester United justru membuka keunggulan pada menit ke-13. Berawal dari umpan Bruno Fernandes, Cristiano Ronaldo yang lepas dari jebakan offside sukses menceplokan bola ke gawang Ballmoos lewat sepakan mendatar.

Ini adalah gol ke-135 Ronaldo di ajang ini. Keunggulan itu membuat MU makin bernafsu menyerang pertahanan Young Boys untuk mencari gol tambahan.

Tertinggal satu gol membuat Young Boys meningkatkan intensitas serangan. Jual beli serangan pun mulai terlihat pada mneit 20-an.

Fassnacht mencoba menguji ketangguhan De Gea dari tembakan luar kotak penalti, namun kiper asal Spanyol mampu menahannya. Tak lama kemudian melalui serangan balik, Ronaldo hampir saja membuat gol kedua, beruntung Ballmoss mampu menepis tendangan keras bintang asal Portugal tersebut.

Manchester United harus bermain 10 orang sejak menit ke-36. Aaron Wan-Bissaka melakukan pelanggara dengan menginjak engkel Christopher Martins. Wasit Francois Letexier tak segan mengusir pemain yang berposisi sebagai bek kanan itu.

Solskjaer langsung menarik keluar Jadon Sancho dan memasukkan Diogo Dalot demi menambal kekosongan di lini pertahanan timnya. Unggul jumlah pemain dimanfaatkan dengan baik oleh para penggawa Young Boys.

Unggul jumlah pemain, Young Boys terus menekan pertahanan Manchester United. Namun hingga jeda babak pertama, skor 1-0 tim tamu tetap bertahan.

Pada babak kedua, Young Boys lebih banyak memegang kendali permainan. Manchester United lebih banyak mendekam di wilayah pertahanannya sendiri dan lebih mengandalkan serangan balik.

Pada menit ke-53, umpan panjang Fernandes mencapai Ronaldo yang berada sendirian di lini depan dan berduel dengan Mohamed Ali Camara. Ronaldo terjatuh di kotak penalti, namun wasit tidak menganggap itu pelanggaran.

Young Boys berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-66. Moumi Ngamaleu berhasil menjangkau asis Silvan Hefti dan dengan satu sentuhan, bola bersarang di gawang yang dikawal David De Gea. 1-1.

Beberapa menit setelah kebobolan, Solskjaer menarik keluar Cristiano Ronaldo dan Bruno Fernandes. Pelatih Norwegia itu memasukkan tenaga baru yakni Jesse Lingard dan Nemanja Matic untuk membantu lini pertahanan.

Unggul jumlah pemain benar-benar menguntungkan buat Young Boys. Mereka bisa memberikan tekanan bertubi-tubi ke wilayah Manchester United yang juga kesulitan untuk melancarkan serangan balik.

Gol kedua akhirnya tercipta! Young Boys menang secara dramatis setelah Jordan Siebacheu mencetak gol pada masa injury time, memanfaatkan blunder fatal dari Jesse Lingard. Young Boys sukses kalahkan Manchester United 2-1.

Dengan kekalahan ini, MU sementara terdampar di posisi keempat grup dan bukan start yang diinginkan untuk mengarungi Liga Champions musim ini. Sementara, Young Boys memuncaki klasemen.

Berikut susunan pemain Young Boys vs Man United:

Young Boys (4-2-3-1): David von Ballmoos (c); Silvan Hefti, Mohamed Ali Camara, Sandro Lauper (Cedric Zesiger 90+2'), Ulisses Garcia; Vincent Sierro (Jordan Siebatcheu 46'), Christopher Martins Pereira; Christian Fassnacht, Michel Aebischer, Nicolas Moumi Ngamaleu; Meschak Elia (Wilfried Kanga 90+2').

Pelatih: David Wagner

Manchester United (4-2-3-1): David de Gea; Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Harry Maguire (c), Luke Shaw; Paul Pogba, Fred (A.Martial 89'); Jadon Sancho (Diogo Dalot 37'), Bruno Fernandes (N. Matic 72'), Donny van de Beek (R. Varane 46'); Cristiano Ronaldo (J. Lingard 72').

Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00