FOKUS: #PPKM

BRI Liga 1 Resmi Dimulai

Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, jelang laga pembuka BRI Liga 1 2021-2022 pada Jumat (27/8). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

KBRN, Jakarta: Kick-off BRI Liga 1 akhirnya terwujud di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), yang ditandai dengan pertandingan pembuka antara Bali United versus Persik Kediri, Jumat (27/8/2021) pukul 19.05 WIB.

Seperti pantauan RRI.co.id di SUGBK, prosesi pembukaan ditandai dengan penyerahan Piala Liga 1 dari Juara Bertahan Bali United kepada Ketua Umum (Ketum) PSSI, M. Iriawan.

Hadir pula Menteri BUMN RI, Erick Thohir mendampingi Ketum PSSI dalam pembukaan BRI Liga 1 tadi petang.

Liga 1 2021 atau juga disebut BRI Liga 1 akan menjadi musim kelima dari Liga 1 dan musim kedua belas dari kasta tertinggi kompetisi sepak bola profesional Indonesia sejak pembentukan Liga Super Indonesia pada tahun 2008. 

Liga 1 2021 akan direncanakan pada tanggal 27 Agustus 2021 sampai 30 April 2022 tanpa penonton.

Seperti diberitakan RRI sebelumnya, Pelaksanaan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 bakal bergulir pada 27 Agustus 2021 mendatang, setelah secara resmi Kapolri memberikan izin.

BACA JUGA: Liga 1-2, Masyarakat Diminta Nonton Dari Rumah

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali, meminta masyarakat untuk tidak datang ke stadion dan cukup mendukung serta menonton kompetisi Liga 1 dan Liga 2 dari rumah saja. 

“Dengan bergulirnya kompetisi Liga 1 dan Liga 2 ini, masyarakat bisa mendapatkan tontonan yang menarik. Saya minta masyarakat menyaksikan pertandingan nanti di televisi atau melalui streaming dari rumah saja,” kata Menpora Amali dalam siaran pers yang diterima, Rabu (25/8/2021).

Menpora Amali menegaskan, pemerintah mendukung penuh untuk bergulirnya kembali kompetisi sepak bola nasional setelah sempat terhenti karena dampak dari pandemi Covid-19. Untuk berlangsungnya kompetisi dengan baik dan lancar, ia  berharap dukungan dari semua pihak. 

“Prinsipnya pemerintah mendukung hal ini. Mohon masyarakat memberi dukungan sekaligus menjaga komitmen agar bisa kompetisi ini bisa berjalan dengan baik,” ujar Menpora Amali. 

Menpora Amali juga berharap, masyarakat dapat terus mendukung upaya-upaya pemerintah dalam rangka mengatasi pandemi ini. 

BACA JUGA: Spaso Tebar Ancaman ke Persik Kediri

“Peran masyarakat juga dibutuhkan dalam hal tersebut,” sambungnya. 

Lanjut Menpora Amali, seluruh elemen masyarakat diminta saling berupaya untuk menciptakan suasana tetap kondusif dan menghindari kegaduhan. Sebab, pihak kepolisian akan memantau langsung. 

“Pemilik klub dan suporter komitmen untuk menyukseskan kompetisi ini. Diskusi saya dengan Kapolri (Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo), beliau akan memantau langsung penyelenggaraan kompetisi ini. Saya percaya PSSI dan PT LIB akan melakukannya (penerapan prokes) dengan baik,” jelas Menpora Amali. 

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyambut baik pesan dan harapan Menpora Amali. Dia optimis pihaknya dapat menjalankan kompetisi dengan baik. 

“Pemilik klub dan suporter, apa yang disampaikan Menpora tadi harus kita tindak lanjuti. Harapan kita bersama agar Liga 1 dan Liga 2 ini bisa berjalan dengan baik dan lancar. Kita maksimalkan, semoga berjalan dengan baik, lancar, dan prokes diterapkan dengan baik,” pungkas Iriawan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar