Covid-19 Meningkat, MotoGP Thailand 2021 Resmi Dibatalkan

KBRN, Jakarta: Lewat unggahannya di media sosial pada Rabu (21/7/3021), pihak promotor balapan MotoGP, yakni FIM, IRTA dan Dorna Sports baru saja mengumumkan bahwa seri balapan MotoGP Thailand 2021 resmi dibatalkan karena situasi darurat pandemi Covid-19.

Sebagaimana diketahui, pembicaraan soal dibatalkannya perlombaan MotoGP Thailand 2021 sudah santer terdengar dalam beberapa waktu terakhir. Melonjaknya kembali kasus Covid-19 di sejumlah negara menjadi penyebab munculnya isu tersebut.

Kini, isu tersebut terbukti resmi terjadi. MotoGP Thailand sejatinya akan berlangsung pada 15-17 Oktober 2021 mendatang di Chang International Circuit. Namun seri balapan ke-17 dalam kalender musim ini akhirnya dibatalkan karena pembatasan wilayah selama pandemi Covid-19.

Oleh sebab itu, pengumuman pembatalan seri Thailand 2021 itu disampaikan langsung pihak MotoGP lewat pernyataan resminya di laman resmi MotoGP pada Rabu (21/7/2021).

"FIM, IRTA, dan Dorna Sports dengan menyesal mengumumkan pembatalan Thailand Grand Prix, yang akan berlangsung di Sirkuit Internasional Chang dari 15 hingga 17 Oktober," bunyi pernyataan MotoGP. 

"Terlepas dari upaya terbaik dari semua pihak yang terlibat, pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung dan pembatasan yang diakibatkannya telah memaksa pembatalan acara tersebut," lanjut pernyataan tersebut.

Meski begitu, pihak MotoGP memastikan gelaran GP Thailand akan kembali pada 2022. Tentu saja, mereka berharap para penonton bisa kembali hadir menyaksikan balapan di Thailand.

"Kejuaraan Dunia FIM MotoGP menantikan untuk kembali balapan di depan penonton Buriram yang sangat bersemangat pada 2022,” sambung pernyataan tersebut.

Lebih lanjut, FIM, IRTA dan Dorna Sports juga sedang mempertimbangkan seri balapan yang akan menggantikan MotoGP Thailand. Namun, belum terdapat bocoran mengenai negara mana yang akan menjadi seri balapan pengganti MotoGP Thailand 2021 yang resmi dibatalkan untuk kedua kalinya.

"Acara penggantian saat ini sedang dipertimbangkan dan setiap pembaruan mengenai kemungkinan pengganti akan dipublikasikan segera setelah tersedia," jelasnya.

MotoGP Thailand menjadi seri balapan keempat yang telah dibatalkan akibat imbas dari Covid-19. Sebelumnya FIM, IRTA dan Dorna Sports sudah membatalkan seri balapan GP Finlandia, Jepang dan yang terakhir ialah Australia.

MotoGP Finlandia yang rencananya digelar pada Mei lalu akhirnya dibatalkan dan diganti dengan dua seri balapan di Austria pada awal Agustus nanti.

Lalu disusul oleh GP Jepang yang lagi-lagi dibatalkan, dan kemudian digantikan oleh MotoGP Amerika Serikat pada awal Oktober mendatang.

Terakhir ialah Australia yang membatalkan balapan MotoGP dan Formula 1 sekaligus karena adanya pembatasan wilayah akibat pandemi Covid-19.

FIM, IRTA dan Dorna Sports juga mengatakan bakal segera mengumumkan negara mana yang siap menjadi tuan rumah pengganti MotoGP Thailand.

Sejauh ini, MotoGP telah memastikan 18 seri untuk perlombaan musim ini. Satu balapan, yakni MotoGP Argentina 2021, masih belum menemukan kejelasan terkait penyelenggaraannya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00