Harus Isoman, Mount dan Chilwell Absen di 16-Besar

KBRN, Jakarta: Kabar buruk datang untuk Timnas Inggris, Pelatih kepala mereka, Gareth Southgate mengonfirmasi bahwa dua pilarnya, Mason Mount dan Ben Chilwell hampir dipastikan masih akan absen di babak 16 besar Euro 2020 karena menjalani isolasi mandiri, karena kontak langsung dengan pemain yang positif Covid-19.

Sebelumnya, Mount dan Chilwell terlihat kontak erat dengan gelandang Skotlandia sekaligus rekannya di Chelsea, Billy Gilmour yang kemudian diketahui positif Covid-19. Mount dan Chilwell pun harus menjalani karantina dan absen kala Inggris mengalahkan Republik Ceko 1-0 di Wembley, Rabu (23/6/2021) dini hari WIB.

Southgate sendiri mengakui bahwa dirinya belum bisa memastikan berapa lama Mount dan Chilwell diharuskan menjalani karantina sebelum diperbolehkan kembali bermain. Southgate pun tak bisa menjamin apakah Mount dan Chilwell bakal bisa dimainkan di babak 16 besar nanti atau tidak.

"Kami pikir karantina berakhir tengah malam hari pertandingan [versus Ceko]," ujar Southgate seusai laga dilansir dari laman BBC Sport (23/6/21).

"Apa yang kami tidak tahu adalah berapa banyak latihan yang dapat mereka lakukan dan apa yang mungkin. Mereka jelas dapat berlatih secara individu dan kami pikir mungkin ada periode di mana mereka dapat berlatih dalam kelompok jarak jauh, tetapi saya tidak yakin mereka dapat bergabung di seluruh kelompok," tutur Southgate.

"Jadi kenyataannya sangat rumit bagi mereka untuk menjadi starter di pertandingan minggu depan." pungkasnya.

Inggris sendiri lolos ke babak 16 besar dengan status juara Grup D. Kini, The Three Lions tengah menanti calon lawan mereka di babak sistem gugur nanti. Dengan lolos sebagai juara Grup D, Inggris dipastikan akan berhadapan dengan runner-up Grup F di babak 16 besar nanti.

Grup F dikenal sebagai grup neraka di Euro 2020. Ada Prancis, Jerman, Portugal, dan Hungaria. Tiga di antaranya adalah tim top.

Saat ini persaingan di Grup F sendiri masih sangat panas. Prancis di puncak klasemen dengan 4 poin, lalu Jerman dan Portugal bersaing ketat dengan 3 poin.

Dengan satu matchday tersisa, artinya segala kemungkinan masih bisa terjadi. Prancis akan berduel dengan Portugal di laga terakhir, sedangkan Jerman akan berduel dengan Hungaria.

Melihat situasi tersebut, siapa pun lawan Inggris di babak 16 besar nanti, jelas The Three Lions harus menyuguhkan permainan terbaik mereka.

Inggris kemungkinan besar akan berhadapan dengan Portugal atau Jerman. Keduanya bukan lawan mudah, bahkan bisa disebut berada di level yang sama dengan Inggris.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00