Menang Tipis atas Polandia, Swedia Juara Grup E

KBRN, Jakarta: Timnas Swedia sukses meraih kemenangan penting kala berhadapan melawan Polandia di laga terakhir babak penyisihan Grup E Euro 2020, di Stadion Saint Petersburg, Rusia, pada Kamis (24/6/2021) dini hari WIB. Dalam laga tersebut, Swedia menang dengan skor akhir 3-2. Kemenangan ini membuat Swedia lolos ke babak 16 besar dengan status juara grup.

Gol-gol Swedia dicetak oleh Emil Forsberg dan Viktor Claesson. Forsberg mengemas brace di laga ini. Sementara itu gol Polandia semuanya diborong oleh Robert Lewandowski.

Di laga ini, Swedia membuat satu perubahan saja dari tim yang terakhir berduel lawan Slovakia. Sementara itu Polandia juga melakukan hal yang sama dari tim yang terakhir bermain lawan Spanyol.

Swedia langsung membuat kejutan di pertandingan ini dengan unggul cepat menit ke-2. Berawal dari serangan sayap kanan, Forsberg berhasil menerima bola sebelum akhirnya melepaskan tendangan keras dengan kaki kirinya.

Bola tidak mampu untuk ditahan oleh kiper Polandia, Szczesny. Skor berubah jadi 1-0 untuk keunggulan Swedia.

Gol Forsberg adalah gol kedua tercepat yang tercipta dalam sejarah Euro atau Piala Eropa dengan catatan waktu 81 detik, dalam statistik Squawka.

Tertinggal satu gol membuat Polandia bermain lebih solid dan sabar dalam membangun serangan. Hasilnya pada menit ke-18 mereka mendapat kans untuk bisa menyamakan kedudukan.

Berawal dari tembakan penjuru, Lewandowski meneruskan umpan tersebut, tapi sayang membentur mistar gawang. Bola yang jatuh dihdapannya kembali dia sundul, namun dewi fortuna masih berpihak kepada Swedia.

Sebab, sundulan Lewandowski masih membentur gawang Swedia. Setelah itu kedua tim saling beli serangan, dan permainan di lapangan berlangsung dengan tensi tinggi. Hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama, skor 1-0 tidak berubah.

Memasuki babak kedua, pertandingan tidak kehilangan panasnya. Kedua tim sama-sama mengusung kemenangan yang membuat pertandingan menarik disaksikan.

Polandia lebih mendominasi jalannya pertandingan. Namun mereka malah kebobolan lagi pada menit ke-59. Lagi-lagi gawang mereka dijebol oleh Forsberg, kali ini memanfaatkan umpan Dejan Kulusevski.

Namun Polandia dengan cepat bisa merespon. Pada menit ke-61 mereka mencetak gol melalui tendangan melengkung Robert Lewandowski, yang memaksimalkan assist Piotr Zielinski.

Lewandowski sekali lagi membuat gawang Swedia bergetar pada menit ke-84. Ia memanfaatkan umpan Frankowski.

Polandia terus menekan pertahanan Swedia. Namun justru mereka yang terpaksa gigir jari karena gawangnya kebobolan lagi. Adalah Viktor Claesson yang sukses menjebol gawang Wojciech Szczesny secara dramatis pada menit 90+3.

Gol yang dicetak oleh Claesson ini merupakan gol terakhir yang tercipta di laga tersebut. Pertandingan berakhir dengan kemenangan Swedia atas Polandia dengan skor 3-2.

Dengan kemenangan ini, Swedia lolos sebagai pemuncak klasemen Grup E Euro 2020 dengan koleksi tujuh poin. Sementara itu, Polandia harus tersingkir setelah mereka terpuruk di dasar klasemen dengan hanya mampu meraih satu poin dari tiga pertandingan penyisihan grup E.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00