Cukur Slovakia 5-0, Spanyol Amankan Tiket 16-Besar Euro

KBRN, Jakarta: Sempat kesulitan di dua pertandingan fase grup pertamanya, Timnas Spanyol akhirnya berhasil menutup perjalanannya di fase grup Euro 2020 dengan kemenangan telak atas Slovakia. Pertandingan yang digelar di Estadio de La Cartuja pada Rabu (24/6/2021) berakhir dengan skor 5-0 yang membuat Spanyol mengamankan satu tempat di babak 16 besar Euro 2020.

Bertanding di Stadion Olimpiade Sevilla, tuan rumah Spanyol yang jalani partai wajib menang di matchday terakhir penyisihan grup Euro 2020, langsung turun dengan pemain terbaik.

Dari lini depan, tim Matador coba memainkan tiga penyerang sekelas Gerard Moreno, Alvaro Morata hingga Pablo Sarabia untuk bisa menciptakan peluang atau bahkan gol.

Kejutan terjadi di lini tengah, di mana sang kapten Sergio Busquets akhirnya jalani debut di ajang Euro 2020 setelah di dua pertandingan sebelumnya absen akibat cedera.

Di kubu Slovakia, Lukas Haraslin, Marek Hamsik dan Robert Mak bakal jadi motor serangan untuk bisa alirkan bola serta ciptakan peluang emas kepada Ondrej Duda di posisi ujung tombak.

Unggul kualitas pemain, sepanjang babak pertama Spanyol berhasil mendominasi permainan dan mengurung pertahanan Slovakia. Dominasi Spanyol terlihat sejak menit-menit awal. Mereka bahkan sudah menebar ancaman di menit ke-5 lewat sepakan kaki kiri sang penyerang, Alvaro Morata. Sayangnya bola masih bisa dihalau kiper Slovakia, Martin Dubravka.

Spanyol semakin dekat dengan gol pertamanya. Pada menit ke-11, wasit memberikan hadiah penalti kepada La Furia Roja setelah gelandang Atletic Madrid, Koke, dijatuhkan oleh Jakub Hromada di kotak terlarang.

Kesempatan emas telah berada di depan mata Morata. Sialnya, sepakan bomber Juventus tersebut berhasil dibaca Dubravka! Morata mengarahkan bola ke pojok kiri atas gawang Slovakia, namun gagal menghasilkan gol buat Spanyol. Skor masih bertahan 0-0.

Terus berikan tekanan, Spanyol akhirnya bisa pecah kebuntuan. Kali ini, Martin Dubravka yang sebelumnya berhasil gagalkan penalti Morata, malah lakukan blunder dan cetak gol bunuh diri menit ke-30’.

Alih-alih halau bola keluar, sang penjaga gawang malah memukul bola masuk ke gawang sendiri. Skor berubah 0-1 untuk keunggulan Spanyol.

Jelang babak pertama berakhir, Spanyol berhasil gandakan kedudukan. Adalah aksi Aymeric Laporte, yang mampu menyambut umpan silang Gerard Moreno di sisi kiri pada menit 45+3’. Babak pertama pun berakhir dengan skor 0-2 buat Spanyol.

Selepas jeda, Spanyol yang berada di atas angin tampak tak menurunkan tempo permainan. Skuad arahan Luis Enrique sepertinya ingin tunjukan kualitas mereka di ajang Euro 2020 kali ini.

Slovakia benar-benar menjadi pelampiasan dendam Spanyol. Seperti yang diketahui, mereka hanya mencetak satu gol dalam dua pertandingan sebelumnya. Dan di laga kali ini, mereka benar-benar memanjakan diri dengan gol-golnya.

Terbukti, laga baru berjalan enam menit di babak kedua, Spanyol kembali cetak gol lewat sontekan Pablo Sarabia. Memaksimalkan umpan Jordi Alba, Sarabia lepaskan tembakan ke sudut kanan bawah. Bola gagal dihalau dan merubah skor 0-3.

Menit ke-66’, Spanyol lakukan perubahan dengan memasukan Ferran Torres dan menggantikan Morata. Hanya berselang 44 detik masuk ke lapangan, Torres langsung bisa catatkan nama di papan skor setelah menerima umpan silang Pablo Sarabia. Skor 0-4 buat Spanyol.

Empat gol tidak memuaskan Spanyol. Mereka mencetak gol kelimanya pada menit ke-71. Lagi-lagi gol bunuh diri, di mana Juraj Kucka gagal menggagalkan sundulan Pau Torres. Sapuan Kucka masuk ke gawang Slovakia dan membuat Spanyol unggul 5-0.

Meski terus menekan, namun hingga wasit meniup peluit panjang tak ada lagi gol yang dibuat Timnas Spanyol. Mereka pun berhasil menang telak 0-5, hasil yang sekaligus hantarkan Matador lolos ke babak 16 besar dengan status runner up Grup E. Menemani Swedia yang berstatus sebagai juara grup E setelah pada pertandingan lainnya berhasil mengalahkan Polandia dengan skor 3-2.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00