Prediksi 'Big Match' Euro 2020: Portugal vs Prancis

KBRN, Jakarta: Juara bertahan Timnas Portugal akan berhadapan dengan juara dunia Timnas Prancis di pertandingan terakhir fase Grup F Euro 2020, pada Kamis (24/6/2021). Lolos atau tidaknya Portugal akan ditentukan lewat pertandingan di Puskas Arena, Budapest ini.

Prancis sementara ini memimpin klasemen Grup F dengan 4 poin dari dua pertandingan dan selisih gol +1. Di bawahnya, ada Jerman dengan 3 poin, selisih gol +1, menang head to head dari Portugal dengan poin yang sama, dan Hungaria dengan 1 poin di peringkat keempat.

Secara matematis, Prancis sudah pasti lolos dengan jaminan finis di tiga besar, meski kalah dari Portugal. Prancis akan finis sebagai juara grup jika menang, atau jika imbang dan Jerman gagal mengalahkan Hungaria.

Sementara itu, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan akan lolos jika tidak kalah. Mereka akan finis sebagai juara grup jika menang dan Jerman gagal mengalahkan Hungaria. Namun, mereka akan finis peringkat empat jika kalah dan Jerman juga kalah.

Meski hanya imbang 1-1 kontra Hungaria di laga kedua, tekanan di kubu Prancis tak sebesar yang dirasakan Portugal. Penyebabnya tentu saja kekalahan 2-4 dari Jerman, di mana dua dari empat gol lawan merupakan hasil bunuh diri pemain mereka sendiri, yakni Raphael Guerreiro dan Ruben Dias.

Portugal ingin memastikan kelolosan di laga pemungkas ini, tapi Prancis sepertinya siap membalaskan kekalahan di final Euro 2016 lalu dan menghentikan langkah Ronaldo dkk dalam turnamen kali ini.

Portugal dan Prancis terakhir kali bertemu di ajang UEFA Nations League pada tahun 2020. Di Stade de France pada bulan Oktober, mereka bermain imbang 0-0. Di Lisbon pada bulan November, Prancis mengalahkan Portugal 1-0 lewat gol tunggal N'Golo Kante.

Portugal kalah 11 kali dan cuma menang 1 kali dalam 13 pertemuan terakhir dengan Prancis (M1 S1 K11), tapi satu kemenangan itu mereka raih di final Euro 2016 dengan skor 1-0 lewat gol extra time Eder.

Secara keseluruhan, Portugal kalah 19 kali dan cuma menang 6 kali dalam 27 pertemuan dengan Prancis sejauh ini, mencetak 29 gol dan kebobolan 50 gol.

Prancis sempat melalui 5 laga beruntun dengan kemenangan dan tanpa kebobolan sebelum imbang 1-1 dengan Hungaria. Le Blues tak terkalahkan dalam 9 laga terakhirnya.

Prancis juga memiliki catatan fantastis, dengan meraih 17 kali kemenangan dan hanya kalah 1 kali dalam 22 laga terakhirnya. Prancis juga hanya kalah 1 kali dalam 19 laga terakhirnya di Euro.

Meski sama-sama memiliki skuad bertabur bintang, jika melihat rekor pertemuan dan permainan kedua tim pada beberapa pertandingan terakhir, Prancis terlihat memiliki keunggulan dalam kualitas sepak bola mereka dan harus mendominasi pertandingan ini. Pada pertemuan mereka kali ini, Prancis diprediksi akan mengamankan kemenangan tipis, meski akan mendapatkan perlawanan yang sengit dari Ronaldo dkk.

Perkiraan Susunan Pemain:

Portugal (4-2-3-1): Patricio; Guerreiro, Dias, Pepe, Semedo; Pereira, Carvalho; Jota, Bruno Fernandes, Bernardo Silva; Ronaldo.

Pelatih: Fernando Santos.

Prancis (4-3-1-2): Lloris; Hernandez, Kimpembe, Varane, Pavard; Pogba, Kante, Rabiot; Griezmann; Mbappe, Benzema.

Pelatih: Didier Deschamps.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00