Prediksi Derbi Britania Euro 2020: Inggris vs Skotlandia

KBRN, Jakarta: Pertandingan menarik akan tersaji dalam laga lanjutan Grup D Euro 2020. Dalam laga yang bertajuk Derbi Britania, Timnas Inggris akan menjamu Timnas Skotlandia di Stadion Wembley pada Jumat (18/6/2021) waktu setempat atau Sabtu (19/6/2021) dini hari pukul 02.00 WIB.

Inggris dan Skotlandia meraih hasil yang kontras pada laga pertama mereka. Inggris menaklukkan Kroasia 1-0 di Wembley lewat gol tunggal Inggris Raheem Sterling. Sementara itu, Skotlandia dikalahkan Republik Ceko 0-2 di Hampden Park, Glasgow.

Inggris dan Skotlandia sudah sangat saling mengenal. Sejauh ini, mereka telah bertemu 114 kali, dan menjadikan Inggris vs Skotlandia sebagai partai yang paling sering dimainkan di pentas Internasional.

Selain itu, sederet pemain Skotlandia juga merupakan sosok-sosok penting di klub-klub Inggris. Misalnya saja, kapten Andrew Robertson (Liverpool), bek sayap Kieran Tierney (Arsenal), gelandang Scott McTominay (Manchester United), hingga striker Che Adams (Southampton).

Skotlandia takkan merasa gentar meski laga keduanya ini adalah melawan Inggris di Wembley. Mereka siap untuk berjuang meraih poin.

Namun, Inggris sedang berada dalam momentum yang sangat bagus. Dengan hasil kontra Kroasia pada matchday 1, berarti Inggris selalu menang dalam tujuh laga terakhir. Three Lions pun kini membidik kemenangan lainnya. Sasaran berikutnya adalah sang tetangga Skotlandia. 

Inggris tak terkalahkan dalam 4 pertemuan terakhir dengan Skotlandia, yakni menang 3 kali dan seri 1 kali. Inggris selalu mencetak minimal 2 gol di tiap laga dalam 4 pertemuan terakhir dengan Skotlandia, tetapi hanya mencatatkan 1 clean sheet.

Inggris dan Skotlandia terakhir kali bertemu di Kualifikasi Piala Dunia 2018. Inggris menang 3-0 di Wembley lewat gol-gol Daniel Sturridge, Adam Lallana, dan Gary Cahill. Mereka kemudian bermain seri 2-2 di Hampden Park, di mana gol menit 90+3 Harry Kane menghindarkan Inggris dari kekalahan.

Satu-satunya pertemuan Inggris dan Skotlandia di putaran final Euro adalah pada edisi 1996 silam, ketika Inggris menjadi tuan rumah. Pada matchday 2 Grup A di Wembley waktu itu, Inggris mengalahkan Skotlandia 2-0 lewat gol-gol Alan Shearer dan Paul Gascoigne.

Dalam 32 pertandingan kontra Skotlandia di Wembley sejauh ini, Inggris mendominasi rekor pertemuan mereka dengan berhasil meraih kemenangan 18 kali, imbang 5 kali, dan kalah 9 kali.

Dua negara Britania ini sudah bertemu 114 kali sejauh ini. Inggris menang 48 kali dan kalah 41 kali. Inggris mencetak 203 gol dan kebobolan 174 gol.

Meski di atas kertas Inggris lebih diunggulkan dalam pertandingan kali ini, Skotlandia bisa memberi kejutan jika bermain lebih tenang dan tajam dalam menyelesaikan peluang. Karena anak asuh Steve Clarke punya banyak kesempatan mencetak gol ke gawang Ceko. 

Jika Skotlandia tidak bisa memanfaatkan peluang menjadi gol, Inggris diprediksi bakal kembali mendulang tiga angka sekaligus lolos ke babak 16 besar.

Perkiraan Susunan Pemain:

Inggris (4-2-3-1): Pickford; Shaw, Mings, Stones, Trippier; Phillips, Rice; Foden, Mount, Sterling; Kane.

Pelatih: Gareth Southgate.

Skotlandia (3-5-2): Marshall; Tierney, Hanley, Hendry; Robertson, Armstrong, McTominay, McGinn, Forrest; Adams, Dykes.

Pelatih: Steve Clarke.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00