Gol Bunuh Diri Hummels Samai Rekor Euro

KBRN, Jakarta: Bek tengah Jerman Mats Hummels menjadi pemain ketiga yang mencetak gol bunuh diri di Euro 2020 ketika ia memasukkan bola ke gawang yang salah di babak pertama, saat mereka kalah 0-1 dari Prancis pada Rabu (16/6/2021) dini hari WIB, menyamai rekor untuk seluruh Kejuaraan Euro sepanjang sejarah.

Kesalahan bek tengah Jerman menandai ketiga kalinya sebuah bola diarahkan ke gawang yang salah di minggu pembukaan kompetisi Euro kali ini.

Sebelumnya, sudah ada dua pemain yang mencetak gol bunuh diri, yakni Wojciech Szczesny dari Polandia dan Merih Demiral dari Turki telah mencetak gol bunuh diri di babak penyisihan grup.

Euro 2016 juga menampilkan tiga gol bunuh diri yang menjadi torehan gol bunuh diri terbanyak sepanjang sejarah gelara Euro. Akan tetapi, kompetisi Euro tahun ini sekarang memiliki banyak waktu tersisa untuk melewati penghitungan itu karena hanya 12 pertandingan yang telah dimainkan hingga saat ini.

Gol bunuh diri pada hari Rabu tadi adalah yang pertama dari Jerman di turnamen besar sejak 1978, ketika Berti Vogts melakukan kesalahan di Piala Dunia melawan Austria.

Bagi Hummels, itu adalah gol bunuh diri keduanya dengan seragam tim nasional. Dia juga menempatkan bola melewati rekan setimnya Manuel Neuer pada 2015 di kualifikasi Kejuaraan Eropa melawan Skotlandia.

“Tidak ada celaan untuk Mats untuk gol bunuh diri, "Sulit baginya untuk membersihkannya," kata pelatih kepala Jerman Joachim Low kepada ZDF setelah pertandingan (16/6/21).

“Itu adalah pertandingan yang sangat intens. Kami berjuang sampai akhir. Saya tidak bisa menyalahkan tim, kami memberikan semua yang kami miliki. Apa yang hilang adalah sedikit kekuatan penetrasi di sepertiga akhir. Kami tidak melakukan cukup banyak di sana," pungkasnya.

Gelandang Toni Kroos juga berkata kepada ARD: "Kami melakukan banyak hal yang ingin kami lakukan. Kami memiliki peluang untuk mencetak gol, saya pikir tidak kurang dari Prancis. Gol yang tidak menguntungkan memutuskan permainan," ungkapnya.

Dengan kekalahan ini, membuat Jerman harus bekerja ekstra keras untuk bisa lolos dari grup neraka di Euro 2020 ini. Pada pertandingan selanjutnya, Jerman akan berhadapan dengan Portugal pada hari Sabtu (19/6/21) mendatang di Aliianz Arena, Munich, Jerman.

Pertandingan melawan Portugal nanti bisa dikatakan sebagai partai hidup dan Mati bagi Jerman pada gelaran Euro kali ini. Pasalnya, jika mereka kembali menelan kekalahan lagi, peluang Jerman untuk lolos ke babak selanjutnya hampir dipastikan tertutup rapat. Lawan mereka, yaitu Portugal sudah memenangkan pertandingan pertamanya dengan mengalahkan Hungaria dengan skor meyakinkan 3-0.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00