Prediksi Pertandingan Euro 2020: Skotlandia vs Republik Ceko

KBRN, Jakarta: Duel dua tim kuda hitam akan tersaji dalam laga lanjutan Grup D Euro 2020 yang akan mempertemukan Timnas Skoltlandia dengan Timnas Republik Ceko di Hamden Park, Glasgow, Celtic, Senin (14/6/21) malam nanti.

Baik Ceko atau Skotlandia diyakini akan sama-sama tampil ngotot. Kedua tim tak ingin kehilangan kesempatan untuk bisa mencuri poin mengingat pertemuan ini di atas kertas adalah pertemuan termudah yang bagi keduanya.

Kemenangan yang diperoleh akan membuat mereka bisa menjaga kans untuk melaju ke putaran selanjutnya di Euro 2020 ini.

Ceko di atas kertas difavoritkan daripada Skotlandia. Finis di posisi kedua Grup A Kualifikasi Euro 2020 di bawah Inggris, Ceko berhasil meraih 5 kemenangan dengan 3 kekalahan. Selain itu, Ceko memiliki hubungan yang lumayan romantis dengan perhelatan akbar empat tahunan Eropa ini.

Sejak masih bernama Cekoslovakia, mereka merupakan salah satu kuda hitam yang teruji di Eropa. Mereka meraih gelar juara sebagai Cekoslovakia tahun 1976 silam dan nyaris meraihnya kala sudah menjadi Republik Ceko tahun 1996, saat itu Karel Poborsky dkk hanya mampu menjadi runner-up.

Euro 2020 ini juga akan menjadi ajang balas dendam Ceko mengingat mereka harus pulang tanpa raihan kemenangan di gelaran Euro 2016 silam.

Skotlandia di sisi lain harus berjuang ekstra keras untuk tampil di Euro 2020, turnamen mayor pertama mereka sejak Piala Dunia 1998 silam. Mereka tampil di Euro 2020 ini melalui jalur play-off UEFA Nations League.

Laga kontra Ceko ini akan menjadi laga pertama Skotlandia di turnamen mayor sejak Piala Dunia 1998. Satu fakta yang akan menjadi tambahan semangat bagi Scott McTominay dkk.

Skotlandia dan Ceko sama-sama menang dalam uji coba terakhir mereka sebelum Euro. Skotlandia menjinakkan Luksemburg 1-0 lewat gol tunggal Che Adams. Sebelumnya, mereka menahan imbang Belanda 2-2.

Sementara itu, Ceko bangkit dari kekalahan telak 0-4 kontra Italia dengan menekuk Albania 3-1. Ceko menang lewat gol-gol Patrik Schick, Ondrej Celustka, dan Lukas Masopust.

Skotlandia dan Ceko terakhir kali bertemu di ajang UEFA Nations League pada Oktober 2020. Skotlandia menaklukkan Ceko 1-0 lewat gol tunggal Ryan Fraser dalam laga di Hampden Park tersebut.

Satu grup dengan Inggris dan Kroasia, Skotlandia maupun Ceko tentu sama-sama menginginkan hasil positif di laga pertama mereka ini.

Skotlandia sebelumnya sudah tampil di 2 edisi Piala Eropa (1992, 1996). Sementara itu, Republik Ceko telah tampil di 6 edisi (1996, 2000, 2004, 2008, 2012, 2016).

Skotlandia dan Republik Ceko punya catatan pertemuan yang seimbang, masing-masing menang 4 kali dalam 9 pertemuan sebelum ini.

Ini akan menjadi pertemuan pertama Skotlandia dan Republik Ceko di putaran final sebuah major turnament, baik Piala Eropa maupun Piala Dunia.

Kedua tim ini diperkirakan mampu menyebabkan masalah di sepertiga akhir lapangan, tetapi mungkin akan berakhir menjadi sama kuat di Glasgow. Hasil imbang dengan skor kecil sepertinya jadi akhir yang paling pas bagi keduanya.

Perkiraan Susunan Pemain.

Skotlandia (3-5-2): Marshall; Hendry, Hanley, Tierney; O'Donnell, McTominay, McGregor, McGinn, Robertson; Dykes, Adams.

Pelatih: Steve Clarke.

Republik Ceko (4-2-3-1): Vaclik; Coufal, Celustka, Kalas, Boril; Soucek, Kral; Masopust, Darida, Jankto; Schick.

Pelatih: Jaroslav Silhavy.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00