Hasil Pertandingan Euro 2020: Wales-Swiss Sama Kuat

KBRN, Jakarta: Timnas Wales harus puas berbagi satu angka dengan Swiss pada pertandingan pertama mereka di Grup A Piala Eropa 2020. Kedua tim bermain imbang 1-1 di Stadion Olimpiade Baku, Sabtu (12/6/2021) malam WIB.

Pada laga ini Swiss berhasil unggul terlebih dahulu melalui gol Breel Embolo. Namun Wales berhasil menyamakan kedudukan melalui gol Kieffer Moore.

Sejak menit awal babak pertama, pelatih Wale, Rob Page langsung menurunkan pemain andalannya, seperti Aaron Ramsey, Daniel James dan Gareth Bale. Kemudian Swiss memasang dua nama veteran yaitu Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri.

Timnas Wales berada di bawah tekanan Swiss pada awal pertandingan. Meski begitu, Timnas Wales justru hampir menciptakan gol pada menit ke-15 jika sundulan Kieffer Moore, yang memanfaatkan umpan Daniel James, tidak diselamatkan kiper Swiss, Yann Sommer.

Swiss balik mengancam lima menit berselang. Bola sepakan Fabian Schaer meluncur di tepi gawang Wales.

Swiss mendominasi penguasaan bola, tetapi Xherdan Shaqiri dkk kesulitan untuk mendapatkan peluang matang di depan gawang Timnas Wales. Seiring waktu bertambah, tempo pertandingan pun meninggi.

Swiss kembali menekan di menit ke-27. Haris Seferovic lepas dari pengawalan Joe Rodon di kotak penalti, sebelum menembak bola yang masih belum menemui sasaran.

Swiss mulai menemukan celah di pertahanan Timnas Wales sehingga bisa mendapatkan tembakan tepat sasaran pertama mereka di pertandingan ini. Timnas Wales pun membalas melalui serangan balik.

Jual beli serangan terus berlanjut, namun kedua tim gagal menghasilkan peluang yang benar-benar mengancam. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Di awal babak kedua, Timnas Swiss langsung tancap gas untuk mencari gol pembuka. Benar saja baru empat menit laga berjalan, Swiss sukses membuka keunggulan. Berawal dari sepak pojok Shaqiri, Embolo sukses melepaskan tandukan yang mengarah ke tiang jauh Wales dan gagal dijangkau Ward. Skor 1-0 berubah untuk keunggulan Swiss.

Tertinggal 1-0 membuat Wales mulai meningkatkan tempo serangan mereka. Mereka kerap melakukan serangan-serangan balik karena Swiss lebih dominan dalam penguasaan bola.

Usaha Wales itu membuahkan hasil di menit 74. Berawal dari umpan silang Morell, Moore yang berada di depan gawang sukses membobol gawang Yan Sommer dengan sundulannya. Skor kembali imbang 1-1.

Di menit 86 pendukung Swiss sempat bersorak gembira ketika pemain pengganti Gavranovic membobol gawang Ward setelah menerima umpan lambung. Namun VAR tidak mengesahkan gol itu karena Gavranovic sudah terlebih dahulu offside.

Di akhir laga, Swiss tampil menekan. Mereka memiliki dua peluang emas, namun Danny Ward berhasil mematahkan dua peluang tersebut, sehingga skor 1-1 bertahan hingga akhir laga.

Berkat hasil imbang ini, Wales dan Swiss menemapti peringkat dua dan tiga klasemen grup A, sementara pemuncak klasemen diduduki Italia yang menghajar Turki dengan skor 3-0 pada dini hari tadi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00