Prediksi Pertandingan Euro 2020: Wales vs Swiss

KBRN, Jakarta: Partai seri akan tersaji dalam laga lanjutan grup A Euro 2020, di mana akan mempertemukan Timnas Wales yang akan berhadapan dengan Timnas Swiss di Olympic Stadium, Baku, Azerbaijan, Sabtu (12/6/2021).

Wales mungkin bukan negara yang sama seperti empat tahun lalu ketika berhasil mencapai babak semifinal Piala Eropa 2016. Tapi kekuatan Wales yang diasuh Robert Page tidak boleh dipandang remeh.

Namun, jika dilihat dari segi persiapan, Gareth Bale dan kawan-kawan kurang meyakinkan. Dalam dua uji coba sebelum Euro, mereka selalu gagal mencetak gol dan gagal menang. Setelah ditekuk Prancis 0-3, tim besutan caretaker Rob Page itu bermain imbang 0-0 dengan Albania.

Ini kontras dengan lawannya. Swiss tercatat selalu menang dalam enam laga terakhir mereka. Sebelum Euro, anak-anak asuh Vladimir Petkovic menghabisi Liechtenstein 7-0, di mana Mario Gavranovic menyarangkan tiga dari empat gol timnya.

Duel Wales vs Swiss diprediksi akan berlangsung keras. Bukan karena persaingan antarkubu, tapi lebih pada fakta gaya bermain Wales yang terkenal beringas.

Di tujuh pertandingan terakhirnya, tercatat, tim berjuluk The Dragons mengantongi lebih dari tiga kartu merah. Di setiap laga, rata-rata tiga kartu kuning diberikan sang pengadil kepada Wales.

Seperti yang terjadi ketika menghadapi Prancis di laga uji coba pada 3 Juni kemarin. Dalam laga yang digelar di Allianz Riviera tersebut, Wales yang kalah telak 3-0 diganjar satu kartu kuning dan satu kartu merah.

Di Euro 2016 lalu, dua tim ini sama-sama lolos ke fase knockout. Wales, yang melakoni debutnya di Piala Eropa, melaju hingga semifinal, di mana mereka dikalahkan Portugal. Sementara itu, Swiss hanya sampai di babak 16 besar.

Untuk rekor pertemuan kedua tim, Wales hanya menang 2 kali dalam 7 pertemuan dengan Swiss sejauh ini, dengan catatan menang dua kali kalah lima kali. Terakhir, Wales menang 2-0 menjamu Swiss lewat penalti Aaron Ramsey dan gol Gareth Bale di Kualifikasi Euro 2012.

Swiss memenangi 5 dari 7 pertemuan dengan Wales, mencetak total 16 gol dan cuma kebobolan total 6 gol.

Namun, sejauh ini Wales tak terkalahkan dalam 5 laga terakhirnya di Kualifikasi Euro 2020. Itu membuat Wales finis sebagai runner-up Grup E di bawah Kroasia.

Sedangkan untuk Swiss, mereka lolos dari Kualifikasi Euro 2020 sebagai juara Grup D dengan 17 poin dari 8 pertandingan. Cedric Itten adalah top skor Swiss di kualifikasi dengan torehan 3 golnya. Swiss juga hanya kalah 1 kali dalam 14 laga terakhirnya di Euro, termasuk kualifikasi.

Di atas kertas, Wales memiliki pemain-pemain berkualitas, tapi Swiss juga demikian. Namun, jika melihat performa, Swiss sepertinya pantas untuk lebih difavoritkan.

Perkiraan Susunan Pemain:

Wales (3-4-3): Ward; Davies, Rodon, Mepham; Norrington-Davies, Morrell, Ramsey, Roberts; James, Wilson, Bale.

Pelatih: Rob Page (caretaker).

Swiss (3-4-1-2): Sommer; Schar, Akanji, Elvedi; Rodriguez, Freuler, Xhaka, Mbabu; Shaqiri; Seferovic, Gavranovic.

Pelatih: Vladimir Petkovic.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00