Prediksi Pertandingan Euro 2020: Belgia vs Rusia

KBRN, Jakarta: Timnas Belgia akan berhadapan dengan Timnas Rusia di matchday 1 Grup B Euro 2020, Minggu (13/6/2021). Pertandingan antara tim unggulan dan tim kuda hitam ini akan digelar di Krestovsky Stadium, Saint Petersburg, Rusia.

Dua tim ini berada satu grup di babak kualifikasi Euro lalu. Sekarang, mereka kembali berada di saru grup yang sama, bersama Denmark dan Finlandia.

Di dua pertandingan kualifikasi Euro lalu, Belgia sukses mengalahkan Rusia pada dua pertemuan kandang dan tandang mereka. Kala itu, Rusia benar-benar dibuat tak berdaya oleh tim yang berjuluk Setan Merah ini.

Saat bertandang ke markas Rusia di Brussels, Belgia menang 3-1 lewat satu gol Youri Tielemans dan dua gol Eden Hazard (1 penalti), sedangkan satu gol balasan Rusia dicetak oleh Denis Cheryshev.

Ketika menjamu Rusia di Saint Petersburg, Belgia mengalahkan Rusia 4-1. Satu gol Rusia dicetak oleh Georgi Dzhikiya, sementara empat gol Belgia diciptakan oleh Thorgan Hazard, Eden Hazard (2), dan Romelu Lukaku.

Belgia finis sebagai juara grup dengan poin sempurna 30 dari 10 pertandingan yang disapu bersih, sedangkan Rusia jadi runner-up dengan 24 poin dari delapan kali menang dan dua kali kalah.

Untuk rekor pertemuan kedua tim, Belgia belum pernah menyentuh kekalahan saat melawan Rusia, dengan catatan menang 5 kali dalam 7 pertemuan sejauh ini dan imbang dua kali.

Dalam uji coba sebelum Euro 2020 terakhir mereka, Belgia dan Rusia sama-sama menang dengan skor 1-0. Belgia mengalahkan tim kuat Kroasia lewat gol tunggal Romelu Lukaku, sedangkan penalti Aleksandr Sobolev memberi Rusia kemenangan tipis atas Bulgaria.

Belgia merupakan salah satu kandidat juara di turnamen ini. Hal ini dikarenakan materi pemain yang mereka miliki dan prestasi yang berhasil mereka raih dalam beberapa tahun belakangan ini.

Gelaran Euro kali ini adalah putaran final Euro yang ke-6 bagi Belgia. Sejauh ini, prestasi terbaik Belgia adalah menjadi finalis edisi 1980, di mana mereka dikalahkan Jerman Barat 1-2 di kota Roma.

Belgia mencetak total 40 gol di Kualifikasi Euro 2020, lebih banyak daripada tim-tim lain. Romelu Lukaku lukaku adalah top skor mereka di kualifikasi ini dengan torehan 7 golnya. Eden Hazard menyumbang 5 gol, sedangkan Michy Batshuayi dan Kevin De Bruyne masing-masing menyumbang 4 gol.

Dua pemain bintangnya, yakni Eden Hazard dan Kevin De Bruyne masing-masing menyumbang 7 assist untuk Belgia di Kualifikasi Euro 2020, hanya kalah dari Memphis Depay (8 assist, Belanda).

Di Kualifikasi Euro 2020, Belgia hanya kebobolan total 3 gol. Itu merupakan joint best defensive record di kualifikasi ini bersama Turki.

Di sisi lain, Rusia pun tidak bisa dianggap sebelah mata. Ini adalah putaran final Euro ke-6 yang diikuti Rusia sebagai negara independen usai pecah dari Uni Soviet. Prestasi terbaik mereka sejauh ini adalah mencapai babak semifinal di edisi 2008.

Rusia tanpa kemenangan dalam 5 laga terakhirnya di putaran final Euro (M0 S2 K3). Kemenangan terakhir Rusia adalah 4-1 atas Republik Ceko dalam laga pertamanya di Euro 2012.

Rusia mencetak 33 gol dalam 10 pertandingan di Kualifikasi Euro 2020 Grup I. Top skor mereka di kualifikasi ini adalah Artem Dzyuba dengan torehan 9 golnya. Selain 9 gol, dia juga menyumbang 5 assist.

Meski catatannya kalah mentereng jika dibandingkan dengan Belgia, mereka selalu bisa menyulitkan tim-tim besar saat menghadapinya. Dalam beberapa turnamen besar sebelumnya, seperti Piala dunia 2018 dan Euro 2016, Rusia terbukti mampu merepotkan tim-tim besar meski masih belum berbicara banyak di turnamen tersebut.

Di atas kertas, Belgia lebih diunggulkan dalam pertandingan pembuka Grup B ini. Romelu Lukaku dan kawang-kawan diprediksi akan memenangkan pertandingan dengan selisih gol lebih dari satu.

Perkiraan Susunan Pemain

Belgia (3-4-2-1): Courtois; Vertonghen, Denayer, Alderweireld; Carrasco, Dendoncker, Tielemans, Meunier; Mertens, Thorgan Hazard; Lukaku.

Pelatih: Roberto Martinez.

Rusia (3-4-2-1): Shunin; Kudryashov, Dzhikiya, Semenov; Kuzyaev, Ozdoev, Zobnin, Karavaev, Golovin, Miranchuk; Dzyuba.

Pelatih: Stanislav Cherchesov.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00