Rapor Buruk Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia

KBRN, Jakarta: Menjelang pertandingan Timnas Indonesia vs Uni Emirat Arab (UEA) di laga Kualifikasi Piala Dunia 2022, Jumat (11/6/2021) malam nanti, terdapat beberapa catatan buruk mengenai performa tim Garuda sepanjang partisipasinya di ajang kualifikasi Piala Dunia.

Kekalahan 0-4 dari Vietnam dalam laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia pada Senin (7/6/2021) malam WIB, menambah panjang catatan buruk Timnas Indonesia. Catatan kebobolan empat gol dari Vietnam membuat Indonesia kemasukan 22 gol dari tujuh pertandingan fase kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia Grup G. 

Timnas Indonesia juga belum mampu menyelesaikan laga tanpa kebobolan, dari tujuh pertandingan yang sudah dijalani. Jumlah kemasukan gol milik timnas Indonesia seperti membuktikan rapuhnya lini pertahanan skuad Garuda saat berlaga di ajang kompetitif.

Menurut catatan AFC, Timnas Indonesia selalu kebobolan dalam 20 pertandingan terakhir di Kualifikasi Piala Dunia. Jika ditelusuri maka laga terakhir Indonesia tanpa kebobolan di kualifikasi Piala Dunia adalah ketika menang 1-0 atas Sri Lanka pada 2004.

Selain itu, Deretan kekalahan yang ditelan Timnas Indonesia memperpanjang puasa kemenangan di ajang kualifikasi Piala Dunia.

Kemenangan terakhir yang diraih Timnas Indonesia di ajang babak penyisihan zona Asia untuk memastikan tiket ke Piala Dunia dibukukan pada 10 tahun silam ketika mengalahkan Turkmenistan 4-3 di fase kedua.

Dihitung sejak kemenangan atas Turkmenistan hingga saat ini, Timnas Indonesia sudah menjalani 11 pertandingan tanpa kemenangan di ajang Kualifikasi Piala Dunia.

Setelah menang atas Turkmenistan, Indonesia kalah enam kali pada fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2014. Selanjutnya Indonesia gagal meraih kemenangan dalam tujuh laga kualifikasi ke Piala Dunia 2022.

Pada Kualifikasi Piala Dunia 2018 keikutsertaan Indonesia dicoret karena menjalani hukuman FIFA akibat dari intervensi pemerintah terkait penyelenggaraan liga.

Di babak kualifikasi kali ini, Indonesia menelan kekalahan terbesar dari UEA. Namun jumlah gol yang bersarang ke gawang Wawan Hendrawan hanya separuh dari kekalahan terbesar Indonesia di kualifikasi Piala Dunia.

Indonesia pernah menelan kekalahan 0-10 dari Bahrain dalam Kualifikasi Piala Dunia 2014. Sementara kemenangan terbesar Indonesia diraih ketika menggunduli Kamboja 8-0 dalam kualifikasi Piala Dunia 1998.

Kemudian, catatan buruk Timnas lainnya adalah sudah 10 tahun lamanya Timnas Indonesia tak dapat poin di kualifikasi Piala Dunia, sebelum mampu mengimbangi Thailand pekan lalu.

Timnas Indonesia akhirnya berhasil mendapatkan hasil yang lumayan positif di bawah asuhan Shin Tae-yong semalam. Setelah sebelumnya dibantai Thailand dengan skor 0-3, akhirnya Timnas Indonesia mampu bermain imbang juga, 2-2.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00