GM Megaranto Memimpin Sementara Atas GM Novendra

KBRN, Jakarta:   Pecatur putra terbaik Indonesia GM Susanto Megaranto memiliki kans besar untuk mewakili Indonesia ke arena Kejuaraan Catur Piala Dunia 2021 yang akan berlangsung di Sochi, Rusia 10 Juli-6 Agustus 2021. 

Peluang Megaranto untuk meraih tiket World Cup Chess edisi tahun tinggal selangkah lagi jika menang babak 3 atas GM Novendra Priasmoro dalam ajang JAPFA Grand Master Duel Match yang berlangsung 18-19 Mei di Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA) Bekasi Jawa Barat.

Hari pertama Selasa (18/5/2021) menyelesaikan dua babak Megaranto (2550) sementara unggul 2,5-0,5 atas Novendra (2505).  Hasil itu didapat pecatur Jawa Barat itu setelah memenangkan pertadingan babak pertama dan ditahan resmi pecatur Novendra (DKI Jakarta) di babak kedua sore hari.

Setelah start bagus di babak pertama, Megaranto di babak dua mengendalikan buah hitam mendapat perlawanan sengit dari Novendra yang resmi menyandang gelar Grand Master tahun 2019.  Megaranto yang mengawali babak 2 dengan pembukaan Modern akhirnya harus menerima hasil dengan remis lewat partai panjang 69 langkah.

Megaranto mengungkapkan ia beruntung bisa menang di babak pertama, namun harus bermain ekstra keras untuk bisa menahan Novendra di babak kedua. 

Diakuinya,  Novendra saat ini kualitasnya sedang meningkat. Ia telah banyak mempelajari permainan juniornya ini dan berharap bisa memenangkan JAPFA Grand Master Duel Match.

Kabid Binpres PB. Percasi Kristianus Liem mengungkapkan, dengan memimpin hingga babak 2 atas Novendra, Megaranto memiliki kesempatan besar untuk meraih tiket ke Piala Dunia Catur Putra 2021 karena hanya tinggal membutuhkan satu kemenangan di babak 3 besok Rabu (19/5/2021).

“Yang pasti setelah melihat penampilan Novendra dibabak 2 pada dua babak sisa besok khususnya dibabak 3 duel ini akan berjalan ketat apalagi Megaranto harus menang guna mengamankan posisi,” tambah Kristianus Liem.

“Pertandingan hari ini antara GM Susanto Megaranto dan GM Novendra Priasmoro. Keduanya merupakan dua atlet terbaik yang Indonesia miliki saat ini,” ujar Ketua PB Percasi, GM Utut Adianto.

“Percasi  mengharapkan melalui JAPFA Grand Master Duel Match  ini kita dapat memilih pecatur yang terbaik diantara yang paling unggul,” imbuhnya.

Utut menambahkan keuntungan yang Indonesia dapatkan kali ini harus dimanfaatkan dengan mengirimkan yang terbaik. Hal tersebut penting untuk menjaga semangat berkompetisi dan sportivitas tim catur Indonesia.

“Untuk World Cup Chess 2021 , Indonesia  mendapatkan dua wild card, satu untuk pecatur pria dan satu untuk pecatur wanita Indonesia. Wild Card untuk pecatur wanita diberikan kepada WGM Irene Karisma Sukandar,” jelas GM Utut. “Namun Indonesia akan mengirimkan dua pecatur wanita di World Cup 2021. WGM Irene Kharisma Sukandar akan bersama dengan WGM Medina Warda Aulia yang sebelumnya juga  dengan dukungan JAPFA Comfeed Indonesia TBK berhasil memperoleh tiket di Zonal 3.3 di Mongolia pada tahun 2019,” tutup Utut Adianto.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00