Rekor UCL Madrid: 11 Tahun, 9 Semifinal

KBRN, Jakarta: Usai singkirkan Liverpool di babak perempat final Liga Champions 2020/21, Real Madrid telah mencatatkan rekornya dengan mencapai semifinal Liga Champions sebanyak 30 kali.

Pencapaian Real Madrid ini adalah yang terbanyak di antara peserta Liga Champions lainnya dan tidak ada tim yang bisa mencapai angka sebanyak itu, bahkan tidak ada yang mendekati.

Pada hari Kamis (15/4/21) dini hari tadi, Madrid memastikan langkah mereka ke semifinal Liga Champions 2020/21 dengan menggulingkan Liverpool.

Los Blancos hanya bermain imbang 0-0 di Anfield, tapi hasil itu sudah cukup bagi mereka yang sebelumnya menang 3-1 dalam duel leg pertama di Spanyol.

Di Anfield tadi, Madrid menyuguhkan permainan dewasa yang pas. Mereka tidak ngotot menyerang, justru membiarkan Liverpool menguasai bola.

Madrid lolos dengan penampilan tangguh dan menahan serangan-serangan Liverpool.

Dalam rekor tim dengan jumlah penampilan terbanyak di babak semifinal Liga Champions, Real Madrid memimpin jauh dengan 30 kali tampil di semifinal.

Setelah Madrid, ada Bayern Munchen yang menyusul dengan 21 kali masuk ke semifinal. Berikutnya ada Barcelona dengan catatan 16 semifinal dan AC Milan dengan 12 penampilan di semifinal.

Los Blancos memperlebar jarak dalam beberapa tahun terakhir. Tercatat, mereka berhasil mencapai 9 semifinal dalam 11 edisi terakhir, 4 di antaranya bahkan berhasil jadi juara.

Dimulai dari Jose Mourinho yang mematahkan kutukan perempat final pada musim 2010/11, setelahnya Madrid berkembang jadi Raja Eropa.

Keberhasilan Madrid mencapai semifinal ini juga jadi catatan istimewa di bawah Zinedine Zidane. Ini adalah semifinal keempat Zidane sebagai pelatih Real Madrid, tiga kesempatan sebelumnya berhasil sampai final dan jadi juara.

Zidane pernah memimpin Madrid mengusir Manchester City, Atletico Madrid, dan Bayern munchen di babak semifinal Liga Champions beberapa tahun terakhir.

Kini merka akan menghadapi Chelsea. Kedua tim ini tidak pernah bertemu di Liga Champions.

Zidane memiliki peluang yang terbuka lebar untuk memperpanjang rekor menawannya di Liga Champions.

Pasalnya, lawan mereka di semifinal bisa dibilang memiliki kekuatan tim di bawah mereka. Akan tetapi, Chelsea di bawah asuhan Thoma Tuchel sudah berkembang lebih pesat dan siap memberikan perlawanan yang berarti bagi anak asuh Zidane di babak semifinal nanti.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00