PBSI Kirim Tujuh Wakil ke BWF World Tour Finals 2022

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky saat menjelaskan kepada media terkait dengan persiapan timnya menghadapi turnamen BWF World Tour Finals 2022, Bangkok, Thailand, di Pusat Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (1/12/2022). (Foto: rri.co.id/Charlie Reinhard)

KBRN, Jakarta: PBSI akan mengirim tujuh pebulu tangkisnya di turnamen BWF World Tour Finals 2022, Bangkok, Thailand. Ketujuh pemain Indonesia yang akan turun di antaranya Anthony Sinisuka Ginting danJonatan Christie di sektor tunggal putra. 

Gregoria Mariska Tunjung wakil tunggal putri, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan perkuat ganda putra. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti wakil ganda putri dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di sektor ganda campuran.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky menyebutkan timnya sudah berlatih dengan maksimal selama beberapa pekan ini. Pelatih kelahiran 9 Maret 1968 itu berharap para pebulu tangkis wakil Indonesia bisa lolos babak fase grup hingga babak semifinal.

"Saya berharap dengan formasi lengkap ini kami bisa meloloskan semua wakil dari babak fase grup," ujar Rionny saat ditemui di Pusat Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur,  Kamis (1/12/2022).

Undian babak grup BWF World Tour Finals 2022 rencananya akan dilakukan, Senin (5/12/2022). Delapan pemain di setiap sektor akan dibagi ke dalam dua grup. 

PBSI memasang target bisa membawa satu gelar dari ajang BWF World Tour 2022. Evaluasi yang telah dilakukan, tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting diharapkan bisa membawa pulang gelar juara.

Performa terbaiknya di Hylo Open 2022 ajang BWF level 300 tersebut, Ginting merebut gelar Hylo Open 2022. Seusai mengalahkan Chou Tien Chen asal Taiwan melalui permainan rubber game dengan skor 18-21, 21-11, 24-22.

Tampil sebagai Juara di Hylo Open 2022 menjadi torehan kedua bagi peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 itu tahun ini. Sebelumnya Ginting berjaya pada turnamen Singapore Open 2022 dengan mengalahkan wakil Jepang, Kodai Naraoka dua gim langsung 23-21, 21-17.

"Minimal ada satu yang menjadi juara, itu harapan kami melihat dari performa terakhir. Ginting diharapkan bisa menjadi juara, kami merasa dia punya motivasi dan tambahan kepercayaan diri," ucap Rionny.