Liga Europa, MU Taklukkan Granada

KBRN, Jakarta: Manchester United sukses mengalahkan Granada dengan skor 2-0 pada pertandingan leg pertama babak perempat final Liga Europa 2020/21 yang dihelat di Estadio Nuevo Los Carmenes, Jumat (9/4/2021) dini hari tadi.

Dua gol kemenangan Manchester United masing-masing diciptakan oleh Marcus Rashford di pertengahan babak pertama serta eksekusi penalti Bruno Fernandes di masa injury time babak kedua.

Bertandang ke Stadion Los Cármenes, skuad Manchester United yang bertindak sebagai tamu turun dengan kekuatan terbaik mereka. Trio lini depan Daniel James, Bruno Fernandes dan Marcus Rashford dipilih sebagai starter di lini tengah untuk membantu Mason Greenwood di posisi ujung tombak.

Pertandingan berjalan cukup seimbang di awal babak pertama. Tak banyak peluang yang bisa diciptakan, baik oleh Granada maupun Manchester United.

Secara perlahan United mampu untuk melancarkan tekanan terhadap pertahanan Granada. Sayang peluang dari Rashford dan Bruno Fernandes masih gagal berbuah gol.

Granada sendiri juga tak mau ketinggalan memberikan ancaman. Kenedy mencoba peruntungannya dengan melepas tembakan voli first time dari jarak jauh yang masih bisa diamankan David de Gea.

Laga berjalan 19 menit, Marcus Rashford melepaskan bola mati ke arah gawang Rui Silva, tetapi tendangan kaki kanannya tidak cukup kuat untuk menaklukkan kiper tim Spanyol itu. 

Delapan menit berselang, Manchester United kembali dapat peluang. Sebuah permainan rapi di sayap kiri oleh Bruno Fernandes berhasil lepaskan umpan silang ke Rashford, sang pemain coba lakukan tendangan tapi sayang bola masih melebar dari sisi kiri gawang.

United akhirnya sukses membuka keunggulan pada menit ke-31. Menerima umpan jauh dari Victor Lindelof, Rashford melakukan sekali kontrol sebelum menaklukkan Rui Silva.

Usai tertinggal, Granada meningkatkan tensi permainan dan berusaha mendapatkan gol penyama kedudukan. Tiga menit jelang babak pertama berakhir, Soldado melepaskan tembakan jarak dekat namun sayang bola masih melebar dari tiang dekat.

Namun, skor 1-0 untuk keunggulan United tetap tak berubah hingga laga memasuki jeda turun minum.

Selepas jeda, Granada langsung bermain menekan dan menciptakan sejumlah peluang berbahaya ke gawang Manchester United.

Menit ke-67’, Kenedy berusaha melepaskan tendangan jarak jauh dari tengah lapangan, akan tetapi David de Gea bergerak cepat untuk menghadang bola.

Dua menit berselang Granada kembali mengancam gawang United, tapi umpan silang Carlos Neva ke kotak penalti gagal dimaksimalkan rekannya.

Di sisa pertandingan, Manchester United yang lebih banyak bertahan sesekali memberikan tekanan lewat skema serangan balik. Taktik tersebut terbilang sukses besar buat tim tamu.

Puncaknya, pada menit ke-89’ Manchester United mendapat hadiah penalti usai Eteki dianggap telah menghalangi lari Fernandes untuk menyambut umpan silang Telles dari sisi kiri.

Bruno Fernandes sendiri yang menjadi eksekutor, sukses menjalankan tugas dan memperbesar keunggulan Manchester United jadi 0-2.

Gol tersebut sekaligus penutup di laga kali ini, dan membuat satu kaki Setan Merah berada di semifinal Liga Europa 20/21.

Manchester United pun berpeluang besar melaju ke semifinal, karena tim Setan Merah akan bertindak sebagai tuan rumah pada laga leg kedua pekan depan dengan mengantongi keuntungan dua gol tandang yang sangat berharga. (imr)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00