Menyulap Limbah Kulit Semangka menjadi Pupuk Organik Cair

KBRN, Nunukan: Hobi makan buah? Eitss, kulitnya jangan langsung dibuang ya. Kulit buah dapat kita manfaatkan untuk membuat tanaman menjadi subur. Seperti kulit buah Semangka yang dapat kita sulap menjadi pupuk organik cair (POC).

Caranya sangat mudah dengan menggunakan peralatan sederhana seperti ember atau tong yang memiliki tutup dan saringan. Sementara bahan yang digunakan hanya limbah kulit buah Semangka, air kelapa, air bekas cucian beras dan gula merah.

Cara pengolahannya juga praktis, pertama, kita dapat memotong kecil atau mencacah kulit buah semangka dan letakkan di wadah seperti baskom/tong untuk difermentasikan. Lalu campurkan dengan air kelapa, gula merah dan air bekas cucian beras. Aduk dan tutup rapat ember/tong tanpa celah udara. Tunggu selama 3 bulan hingga kulit buah semangka terurai halus. Setelah 3 bulan, air fermentasi tinggal disaring agar terpisah dari ampasnya dan disimpan dalam botol beks air mineral. Mudah bukan?

Zulaisyah, Penyuluh Pertanian Lapangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Nunukan mengatakan, selain bisa digunakan sendiri, POC limbah kulit buah semangka juga bisa dijual untuk menambah pemasukan rumah tangga.

“POC sangat bermanfaat untuk kesuburan tanaman kita, juga merangsang pembuahan dan memperkuat akar tanaman kita,” Ungkap Zulaisyah (14/08/2021)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar