Bawaslu RI Lakukan Penyusunan Renstra

KBRN NUNUKAN : Pendampingan Penyusunan Renstra 2020-2024 bagi Bawaslu Provinsi serta Kabupaten dan Kota. Hal ini baru bagi Bawaslu di daerah karena sebelumnya disusun oleh Bawaslu Pusat. 

Asisten Satu Bidang Kesra Setkab Nunukan Muhammad Amin mengatakan dengan disusunnya renstra bawaslu daerah oleh Lembaga Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota maka diharapkan tercipta postur perencanaan dan anggaran yang lebih membumi, memahami kebutuhan di daerah yang tidak selalu sama antara satu wilayah dengan wilayah yang lainnya, walaupun memang nantinya tetap ada rambu-rambu yang telah ditetapkan untuk dipatuhi bersama. 

"Dalam penyusunan ini merupakan salah satu perencanaan dari Bawaslu RI yang sampai tingkat Kabupaten dalam rangka menyusun anggaran dalam rangka menyongsong pelaksana tugas mereka terutama dalam menyusun pemilu serentak nanti tahun 2024," jelasnya. Selasa (29/6/2021).

Muhammad Amin juga mengatakan Bawaslu sendiri mempunyai kewajiban untuk melakukan penyusunan renstra karena setiap penggunaan anggaran harus diawali dengan penyusunan renstra sehingga pada saat akan dilaksanakan pemilu tidak sulit soal anggaran. 

"Harapan kita dengan adanya pendampingan ini mudah-mudahan renstranya bisa segera disahkan dan menjadi pedoman mereka dalam melakukan aktivitas dan tidak kalah penting nanti adanya renstra ini mereka kita harapkan nanti bawaslu, baik bawaslu maupun komisioner beserta sekretariatan itu lebih profesional lagi dalam melaksanakan tugas, " ujarnya. 

Ia menyampaikan dengan disusunnya renstra tahun 2020-2024 dari daerah maka pelaksanaan pesta demokrasi pemilu serentak yang direncanakan pada tahun 2024 dapat semakin berkualitas. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar