Bupati Belum Dilantik, Sekda Jabat Plh. Bupati Nunukan

KBRN, Nunukan: Jabatan Bupati Nunukan Asmin Laura dan Wakil Bupati Nunukan Faridil Murad periode 2016 – 2021 resmi berakhir pada hari ini. Namun, lantaran bupati dan wakil bupati terpilih periode 2021 – 2024 belum dilantik, maka Sekertaris Daerah Kabupaten Nunukan, Serfianus ditunjuk sebagai Pelaksana Harian Bupati Nunukan. Asmin Laura yang terpilih kembali menjadi Bupati Nunukan untuk sementara akan fokus ke keluarga sambil menunggu jadwal pelantikan. Menurut Laura, Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara menunggu salinan keputusan Menteri Dalam Negeri untuk pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Nunukan periode 2021 - 2024. 

“Kebetulan anak – anak juga mau ujian, jadi saya akan fokus dampingi sambil menunggu jadwal pelantikan. Kalau informasi yang kami dapatkan, pemerintah provinsi mengarahkan kami untuk bergeser ke Tanjung Selor, namun kami tunggu perkembangannya sajalah”, ungkap Laura usai melakukan serah terima jabatan Bupati Nunukan dan purna tugas Wakil Bupati Nunukan di Lantai Lima Kantor Bupati Nunukan pada Senin, (31/05/2021).

Sementara itu, Serfianus yang menjabat sebagai Plh. Bupati Nunukan mengaku kebijakan sebagai pelaksana harian berbeda dengan pejabat definitif, sehingga tidak semua tugas bupati dapat dilaksanakan oleh Plh. Plh. hanya menjalankan tugas sehari – hari bupati, sementara kebijakan strategis seperti urusan kepegawaian dan keuangan tidak dapat dilaksanakan. 

“Strategis terkait kepegawaian, pindah sana pindah sini, termasuk keuangan, mengubah postur APBD itu tidak boleh. Jadi Plh. Ini hanya mengisi kekosongan sampai bupati terpilih dilantik sebagai bupati definitif”, ujar Serfianus.

Berakhirnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Nunukan pada 31 Mei 2021 dilaksanakan serah terima jabatan Bupati dan purna tugas Wakil Bupati Nunukan serta TP. PKK Kabupaten Nunukan. Dalam kesempatan itu, Asmin Laura dan Faridil Murad mengucapkan terima kasih dan permohonan maaf kepada masyarakat Kabupaten Nunukan jika semasa kepemimpinannya masih banyak pekerjaan yang belum diakomodir.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar