9 Atlit Nunukan Akan Bertanding Di Fornas IV Sumatra Selatan

KBRN, Nunukan : Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI 2021 Sumatera Selatan resmi dibuka di Arena Dayung Jakabaring Sport City, Palembang oleh Menteri Pemuda Olahraga Zainuddin Amali, Jumat malam (1/7/2022) 

Olahraga masyarakat ini masuk dalam bagian dari UU Nomor 11 tahun 2022 tentang Keolahragaan dan Perpres Nomor 86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional bahwa olahraga masyarakat berperan penting.

Menpora berpesan kepada peserta untuk tidak menjadikan Fornas ini sebagai ajang untuk mengejar prestasi tapi lebih kepada upaya untuk memasyarakatkan olahraga. 

Sementara itu, Wakil Sekretaris Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Nunukan Hendra mengatakan, sebanyak 9 atlit putra dari lima induk Cabang Olahraga Nunukan turut bergabung di kontingen Kaltara. 

Untuk keberangkatan kata Hendra atlit Nunukan menyesuaikan tanggal bertanding di palembang. Sambil menunggu jadwal keberangkatan, mereka tengah mengikuti pemusatan latihan. 

"Mereka berangkat tidak bersamaan, menyesuaikan jadwal pertandingan, ada yang berangkat jumat tadi, dan ada yang berangkat tanggal 3 nanti," ungkapnya. 

Sebelumnya pada Selasa (28/6/2022) Sebanyak 167 atlet Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kaltara dilepas Gubernur Kaltara, Zainal A Paliwang SH, Pelepasan didampingi Ketua KORMI Kaltara sekaligus Wakil Gubernur Kaltara, Yansen di Ball Room Hotel Tarakan Plaza. 

Gubernur menjelaskan bahwa tujuan FORNAS ini adalah untuk mengajak masyarakat supaya gemar berolahraga dan membudayakan gaya hidup sehat.

 “Dan saya bersyukur karena dengan kegiatan ini olahraga kian diminati oleh masyarakat dan banyak dilombakan,” ujar Gubernur.

Adapun jumlah Inorga Kaltara yang ikut sebanyak 21 Inorga, jumlah atlet yang dibiayai KORMI sebanyak 108 orang, jumlah atlet dengan dana mandiri sebanyak 46 orang, dan official, tenaga kesehatan serta media sebanyak 13 orang dengan total keseluruan 167 orang. Kaltara diposisi 28 dari 34 provinsi dalam pengiriman jumlah atlet. 

Perlu di ketahui, sebanyak 12.141 penggiat olahraga rekreasi dari 34 provinsi ambil bagian pada ajang yang sempat tertunda selama satu tahun karena adanya pandemi COVID-19 yang digelar di Kota Palembang dan Ogan Ilir, Kabupaten Ogan Ilir, 1-7 Juli 2022.

Edisi ke-6 ini mempertandingkan 709 nomor pertandingan dari 55 induk olahraga tradisional dan kreasi budaya dari rumpun kebugaran dan rumpun petualangan serta ditambah 14 cabang olahraga eksibisi sehingga total menjadi 64 cabang olahraga.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar