713 WBP Terima Remisi Dari Lapas Nunukan, 5 Langsung Bebas

KBRN, Nunukan: Sebanyak 713 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang menjalani masa tahanan di Lapas Kelas IIB Nunukan menerima remisi umum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia, di Balai Pengayoman Lapas Nunukan, pada Rabu (17/08/2022).

Kepala Lapas Kelas IIB Nunukan, I Wayan Nurasta Wibawa mengatakan, pelaksanaan Penyerahan Remisi dalam menyambut HUT Kemerdekaan RI Tahun 2022 ini sesuai dengan Tema Kemerdekaan yakni“'Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Data terakhir Lapas Nunukan terkait jumlah Narapidana yang memenuhi syarat mendapatkan Remisi Umum tersebut berjumlah 713 orang dari sebanyak 1.241 Tahanan, diantaranya ada 5 orang yang bebas.

"Remisi diberikan sebagai wujud apresiasi terhadap pencapaian perbaikan diri yang tercermin dalam sikap dan perilaku sehari-hari narapidana, jika WBP tidak berprilaku baik maka hak remisi tidak akan kami usulkan" Ujar I Wayan.

Wakil Bupati Nunukan Hanafiah beserta para tamu undangan hadir langsung dalam acara Pemberian Remisi Umum Bagi Narapidana dan anak dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77 Tahun 2022 tersebut.

Wakil Bupati Nunukan dengan didampingi Kepala Lapas Kelas IIB Nunukan menyerahkan SK Remisi Umum Kepada perwakilan Narapidana atau WBP Lapas Nunukan. 

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Nunukan Hanafiah, membacakan  sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI, mengatakan Kepada seluruh Narapidana dan Anak yang hari ini mendapatkan remisi, khususnya yang langsung bebas.

"sekali lagi saya ucapkan, Selamat. Sekaligus saya mengingatkan agar saudara terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Jadilah insan yang taat hukum, insan yang berakhlak mulia dan berbudi luhur, serta insan yang berguna bagi pembangunan bangsa" Ujar Hanafiah.

Harapannya dari Kegiatan ini adalah Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melindungi kita dalam bertugas di manapun berada.

"melalui pemberian remisi Umum tersebut dapat mewujudkan tujuan Pemasyarakatan yakni sebagai motivasi perbaikan diri untuk menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya, saya ucapkan terima kasih kepada jajaran pemda dan seluruh instansi serta lembaga sosial terkait yang telah turut berpatisipasi dan memberi dukungan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Kami,” tutup Wayan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar