Siaga Pengawasan Menuju Pemilu Serentak 2024 Yang Demokratis

KBRN, Nunukan: Pemilu serentak yang direncanakan  digelar tanggal 14 Pebruari 2024 mendatang masih cukup jauh, namun  Kepala Kesbangpol Kabupaten Nunukan Abdul Karim menyampaikan karena merasa masih terlalu jauh, tidak jarang masyarakat kurang menaruh perhatian serius terhadap tahapan-tahapan pemilu yang sedang berlangsung padahal sesungguhnya kualitas pemilu akan sangat tergantung dari kualitas tahapan demi tahapan pemilu secara keseluruhan.

"Penyelenggara pemilu, para peserta pemilu, dan seluruh masyarakat, harus mengambil peran secara aktif untuk menjamin tahap demi tahap pemilu dilaksanakan secara jujur, adil, dan demokratis, " terangnya, Rabu (6/7/2022).

Masyarakat harus ikut memantau, mengawasi dan melaporkan jika ada pelanggaran dan kejanggalan terhadap tahapan pemilu tersebut.

"Karena meskipun diberi amanah dan tanggungjawab untuk mengawasi seluruh tahapan pemilu, namun Bawaslu memiliki sumber daya yang terbatas, sehingga butuh suport dari seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Nunukan, " ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Nunukan memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya terhadap Bawaslu Kabupaten Nunukan yang menginisiasi kegiatan ini, melalui kegiatan Bawaslu mendengar ini, masyarakat bisa ikut memberikan saran, masukan, termasuk juga melaporkan langsung jika melihat ada yang pelanggaran pemilu.

"Pemilu adalah proses demokrasi yang kita sepakati untuk memilih perwakilan dan pemimpin untuk menyelenggarakan pemerintahan di negara kita, mulai dari level Kabupaten, Provinsi, Pusat. Pemilu adalah tanggungjawab sekaligus kesempatan bagi kita untuk memilih pemimpin terbaik yang kita inginkan, " tambahnya.

Masyarakat Nunukan bisa menaruh harapan yang besar bahwa pemilu serentak tahun 2024 akan bisa berlangsung secara aman, adil, demokratis, serta menghasilkan pemimpin yang terbaik, mudah-mudahan mampu membawa bangsa ini menuju pada jalur kemakmuran dan keadilan bersama 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar