Pemerintah Pusat Sudah Siap Membangun PLBN di Kecamatan Seimanggaris Tahun Ini

KBRN, Nunukan: Survei perencanaan pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Kecamatan Seimanggaris sudah dilakukan sejak tahun 2019 lalu, melalui pertemuan Pemerintah Malaysia, Wali Kota dan Kepala Imigresen Tawau serta Sekretaris Daerah. Camat Seimanggaris Syahdan Karim mengatakan tahun ini akan dibangun PLBN, namun apakah Pemerintah Malaysia juga akan membangun pos yang sama, apalagi warga perbatasan Kalabakan dan Tawau ingin segera dibangun, seperti Indonesia yang sudah siap.

Ia mengungkapkan bahwa Pemerintah Pusat sudah siap untuk membangun PLBN di wilayah perbatasan, karena infrastruktur jalan sudah tersedia, hanya saja menunggu dari Kerajaan Malaysia.

"Ada beberapa kali pertemuan Sosek Malindo, berada di Gapma. Di titik 78, karena jelas disitu Indonesia sudah bangun jalan aspalnya namun masih ada tawar menawar, dari Pak Kadesnya agak miring kesana, " jelasnya, Senin (4/7/2022).

Adanya pembangunan PLBN ini dipengaruhi oleh politik dan nilai ekonomi oleh kedua negara. Dengan harapan segera terwujud karena perbatasan Kecamatan Seimanggaris ke Malaysia melalui darat, dengan jarak waktu 20 menit, sedangkan PLBN di Sebatik melalui jalur darat.

"Lebih cepat dan juga pengawasan dari segi keamanan lebih cepat. Dan Pemerintah Kecamatan bersama-sama Desa Induk Sekaduyantaka, memekarkan tiga desa yaitu Desa Sekapal, Desa Sekaduyantaka dan Desa Sekalayan, " ujarnya.

Pemerintah Kecamatan telah memekarkan desa dengan harapan dapat meningkatkan jumlah penduduk, sehingga ekonomi dapat berkembang, kemudian penerangan juga dalam tahap penambahan dan pengerjaannya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar