Menabung Selama 12 Tahun, Seorang TKI Asal Nunukan Naik Haji

Muhardi (52) Tahun, salah satu jamaah haji Nunukan Tahun 2022 yang merupakan TKI, saat pelepasan jamaah haji di Islamic Center, Hidayaturrahman Nunukan

KBRN, Nunukan: Muhardi merupakan satu dari 52 orang Calon Jamaah Haji Indonesia (CJHI) Kabupaten Nunukan yang mendapatkan kesempatan untuk menunaikan ibadah haji pada tahun ini. Ia bersyukur di usia 52 tahun masih memenuhi persyaratan untuk menunaikan ibadah haji dengan adanya kebijakan Pemerintah Arab Saudi yang membatasi usia jamaah maksimal 65 tahun. Muhardi mengaku membutuhkan waktu selama 12 tahun untuk mengumpulkan biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) dari hasil kerja kerasnya sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia. 

"Alhamdulillah, sebenarnya aku berangkatnya tahun 2019, tapi tidak bisa dihubungi sama orang Kemenag, pasal kita di sebelah kan kerjanya", ungkap Muhardi, Selasa (28/06/2022).

Bekerja sebagai TKI menjadi salah satu alasannya untuk bisa menunaikan ibadah haji. Ia juga mengaku mendapat dukungan dari istri tercintanya untuk bisa menyempurnakan rukun Islam.

"Karena mamanya sudah haji, jadi dikasih taulah saya supaya naik haji juga, dia bilang apa yang dibawa mati pak, kalau bukan amalan, naik haji lah, makanya saya mendaftar di tahun 2012", kenangnya dengan penuh rasa haru.

Muhardi yang merupakan jamaah tertua dari Kabupaten Nunukan ini begitu bersemangat saat pelepasan dan pemberangkatan jamaah haji Nunukan menuju Embarkasi Balikpapan. Jamaah haji Nunukan dijadwalkan akan diberangkatkan dari Embarkasi Balikpapan menuju Arab Saudi pada tanggal 29 Juni 2022 dan kembali ke tanah air pada 13 Agustus 2022.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar